Bacaan Niat Wudhu dan Artinya
Cari Berita

Advertisement

Bacaan Niat Wudhu dan Artinya

Duta Islam #07
Kamis, 10 Oktober 2019

Niat wudhu shalat
Penjelasan niat wudhu. Foto: istimewa
DutaIslam.Com- Wudhu adalah cara mensucikan anggota badan dari hadats kecil. Bagaimana cara, niat wudhu, dengan benar, berikut kita ulas di bawah ini.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ

Artinya:
 “Semua tindakan bergantung pada amalnya”.

Dalam melakukan wudhu dan mau mengerjakan shalat harus disengaja. Niat inilah yang membedakan ibadah dengan kegiatan lainnya.

Baca: 6 Rukun Wudhu

Hadis di atas difahami oleh Imam Syafi’i bahwa semua tindakan dianggap sah sebagai ibadah bergantung pada niatnya. Sehingga tanpa niat, menurut Imam Syafi’i, wudhu dan shalat menjadi tidak sah.

Para ulama sepakat bahwa niat tempatnya di hati. Ia tidak harus dilafadzkan. Namun Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, menurut jumhur ulama melafadzkan niat disunnahkan dalam rangka membantu hati menghadirkan niat.

Sedangkan dalam Madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafadzkan niat karena tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Niat Wudhu Shalat


Dalam Fikih Manhaji dijelaskan, niat wudhu dibaca pada saat akan membasuh wajah karena merupakan anggota wudhu (rukun) yang dibasuh pertama kali.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki. (QS. Al Maidah: 6)

Bagi yang melafadzkan, lafazh niat wudhu adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya:
Aku niat wudhu untuk menghilangkan hadats kecil, fardhu karena Allah Ta’ala

Baca: Berwudhu adalah Terapi yang Mudah dan Murah

Demikian panduan niat dalam berwudhu hingga shalat yang dilakukan menjadi sah, semoga bermanfaat. [dutaislam/ka]

close
Banner iklan disini