450 Lebih Makam Para Wali di Jepara

Duta Islam: 450 Lebih Makam Para Wali di Jepara

450 Lebih Makam Para Wali di Jepara

Makam Kiai Saifullah Pager Langit, Pelang, Mayong Jepara (Foto: Gus Mat Kriyan)
DutaIslam.Com - Berikut nama-nama wali dan leluhur penyebar Islam di Kabupaten Jepara. Dibagi per desa atau kelurahan. Ada kolom nama wali, lokasi atau peta makam serta keterangan tambahan yang kami tulis jika dianggap perlu dan memang kami dapatkan dari narasumber atau data yang kami dapatkan. Adapun data makam yang sudah kami dokumentasikan dalam bentuk laporan berita adalah sebagai berikut:

  1. Mbah Sabilan, Demaan
  2. Mbah Kopek, Sowan Kidul
  3. Mbah Kiai Kathi, Kecapi
  4. Sayyid Abdullah, Kemujan
  5. Keramat Mbah Sayyid, Bondo
  6. Habib Shodiq bin Abdul Qadir Al-Aydrus (Yek Nde), Kriyan
  7. Syaikh Abu Bakar bin Ahmad, Pulau Panjang
  8. Habib Hasan bin Ali Syihabuddin, Mayong
  9. Kiai Ageng Ladunni, Karangkebagusan
  10. Mbah Topo Sentani, Karangkebagusan
  11. Mbah Pathok Dalang, Surodadi
  12. Mbah Berasan, Surodadi
  13. Mbah Nameng, Surodadi
  14. Kiai Mathori, Surodadi
  15. Kiai Muhammad Thosin, Surodadi 

Yang ini dalam bentuk analisa sejarah. Formatnya opini seorang penulis yang naskahnya dikirimkan ke redaksi Duta Islam:

  1. Siapa Sunan Nyamplungan?
  2. Mbah Datuk Singorojo dan Jejak Buleleng Bali

Ada beberapa makam yang sudah kami lacak sejarahnya, namun karena di lapangan kami menemukan beberapa versi yang sulit ditindak lanjuti titik temunya, -dan demi menghindari konflik antar pihak di daerah itu,- terpaksa belum kami muat.

Data makam se Jepara yang kami rangkum ini adalah dokumen awal yang akan kami sempurnakan setiap saat jika ada informasi terbaru yang kami terima. Jika juru kunci makam-makam di bawah ini ada yang mau kami ajak diskusi soal sejarah makam terkait, silakan kontak redaksi. Insyaallah kami datang untuk wawancara jika waktu dan kesempatannya terbuka.

Karena proses pendataan ini tidak ada founding (apalagi pesanan pihak lain), kami melacaknya ya sesuai kemampuan waktu dan inisiatif kami sendiri. Tiada lain, itu semua hanya dalam kerangka dan niat baik redaksi Duta Islam agar sejarah bernilai ibrah (cermin teladan baik) yang akan menumbuhkan kecintaan kita semua kepada para wali Allah, khususnya yang ada di Jepara.


Jika di desa Anda atau di kecamatan Anda terdapat informasi makam leluhur wali, silakan beritahu kami nama dan lokasi makamnya dengan memberikan komentar di bawah ini. [dutaislam.com/redaksi]

TerPopuler

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah