Dutaislam.com mendukung gerakan deradikalisasi dan anti teror di media sosial!

  • Mbah Rusmani, Kiai Berusia 100 Tahun Lebih Murid Langsung Mbah Hasyim Asyari

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Sabtu, 29 April 2017
    A- A+
    Mbah Rusmni, murid langsung KH Hasyim Asyari
    DutaIslam.Com - Baru-baru ini, beredar foto viral di dunia maya yang diberi keterangan kalau ia adalah murid langsung Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama. Namanya adalah Mbah Kiai Rusmani.

    Hingga Dutaislam.com menulis laporan ini, beliau masih sehat. Konon, usianya sudah melebihi 100 tahun dan tinggal di Wonogiri (Dukuh Miri, Desa Kedawung, Kecamatan Kismantoro), Jawa Tengah. Menurut keterangan salah satu sumber, Mbah Kiai Rusmani adalah saudara dari (alm) Kiai Irfan, Kalipare, Malang Selatan, Jawa Timur.

    Saat beliau disowani oleh Kiai Abdul Mun'im DZ dan membawa foto Mbah Hasyim, tiba-tiba beliau tidak bisa menahan tangis, "saya tidak bisa meneruskan perjuangannya," jawabnya ketika ditanya alasan mengapa tak bisa menahan air mata.

    Mbah Rusmani saat ditunjukkan foto Mbah Hasyim Asyari
    Meskipun begitu, Mbah Kiai Rusmani hingga kini masih terus mengasuh pondok pesantren dan majelis ta'limnya.

    Lain lagi, memori yang membekap murid kiai Hasyim yang juga masih hidup. KH Amin Badjuri, kini berusia 96 tahun dan tinggal di Purworejo (Desa Bruno, Kecamatan Bruno), populer dengan nama Mbah Abdurrahman.

    Di daerah itu jika bertanya tentang beliau, orang banyak yang mengenal. Pesan hadratusy syekh yang masih diingat betul, "Kowe suk luruo duit nggo agomo. Ojo agomo nggo luru duit". Perhatikan ijazahnya yang masih utuh di bawah ini. [dutaislam.com/ab]


    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: