Mbah Rusmani, Kiai Berusia 100 Tahun Lebih Murid Langsung Mbah Hasyim Asyari
Cari Berita

Advertisement

Mbah Rusmani, Kiai Berusia 100 Tahun Lebih Murid Langsung Mbah Hasyim Asyari

Sabtu, 29 April 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Mbah Rusmni, murid langsung KH Hasyim Asyari
DutaIslam.Com - Baru-baru ini, beredar foto viral di dunia maya yang diberi keterangan kalau ia adalah murid langsung Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama. Namanya adalah Mbah Kiai Rusmani.

Hingga Dutaislam.com menulis laporan ini, beliau masih sehat. Konon, usianya sudah melebihi 100 tahun dan tinggal di Wonogiri (Dukuh Miri, Desa Kedawung, Kecamatan Kismantoro), Jawa Tengah. Menurut keterangan salah satu sumber, Mbah Kiai Rusmani adalah saudara dari (alm) Kiai Irfan, Kalipare, Malang Selatan, Jawa Timur.

Saat beliau disowani oleh Kiai Abdul Mun'im DZ dan membawa foto Mbah Hasyim, tiba-tiba beliau tidak bisa menahan tangis, "saya tidak bisa meneruskan perjuangannya," jawabnya ketika ditanya alasan mengapa tak bisa menahan air mata.

Mbah Rusmani saat ditunjukkan foto Mbah Hasyim Asyari
Meskipun begitu, Mbah Kiai Rusmani hingga kini masih terus mengasuh pondok pesantren dan majelis ta'limnya.

Lain lagi, memori yang membekap murid kiai Hasyim yang juga masih hidup. KH Amin Badjuri, kini berusia 96 tahun dan tinggal di Purworejo (Desa Bruno, Kecamatan Bruno), populer dengan nama Mbah Abdurrahman.

Di daerah itu jika bertanya tentang beliau, orang banyak yang mengenal. Pesan hadratusy syekh yang masih diingat betul, "Kowe suk luruo duit nggo agomo. Ojo agomo nggo luru duit". Perhatikan ijazahnya yang masih utuh di bawah ini. [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB