Download PDF Kumpulan Kitab Kuning Syarah Nadham Bad'ul Amali
Cari Berita

Advertisement

Download PDF Kumpulan Kitab Kuning Syarah Nadham Bad'ul Amali

Jumat, 01 Desember 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
kitab syarah bad'ul amali pdf pegon
Cover syarah Kitab Bad'ul Amali. Foto: dutaislam.com.

Dutaislam.com - Seperti diterangkan dalam Matan Jauhar Tauhid, hal pertama yang wajib dipelajari oleh setiap insyan adalah makrifat kepada Allah Swt. dengan penuh keyakinan. Kitab Ba'ul Amali (awal mula berpikir) ini adalah bagian dari kitab matan tentang tauhid kepada Allah Swt.

Disebut ilmu tauhid karena pembahasan paling banyak dalam ilmu tersebut adalah tentang bagaimana mengenal Allah Swt. sebagai satu-satunya sesembahan manusia di bumi. Di sinilah kita, umat Islam dikenalkan tentang wahdaniyyatillah (وحدانية الله), bahwa Allah itu wujud, dengan sifat-sifat yang la'iqah (pantas) kepada-Nya, sebagai Dzat yang tidak ada satu pun yang menyamainya, dari segi apapun (ليس كمثله شيئ).

Baca: Flashdisk Isi Kitab Kuning Ribuan Judul Jutaan Halaman

Bad'ul Amali ini adalah kitab madzhab Tauhid Imam Maturidi (w. 333 H) yang ditulis oleh ulama' masyhur madhzab Imam Hanafi yang wafat pada 575 H, yakni Imama Sirojuddin Ali bin Ustman Al-Usyi. Disebut Al-Usyi karena beliau berkebangsaan Usy, sebuah daerah yang kini ada di wilayah Uzbekistan, Asia Tengah sekarang. Ulama' madzhab Hanafiyah memang rata-rata pengikut paham tauhid ahlussunnah madzhab Maturidiyyah.

Baca: Kitab Kawakibul Lama'ah (PDF) Syaikh Abu Fadhol - Meluruskan Makna Ahlussunnah

Dari masa hidup, penulis Bad'ul Amali ini lebih sepuh daripada Syaikh Ibrahim Al-Laqqonni yang wafat pada tahun 1041 H, yang menulis Matan Jauhar Tauhid. Lebih tua juga dari penulis kitab Tauhid Aqo'id As-Sanusiyyah, Syaikh Muhammad bin Yusuf As-Sanusiy, yang wafat pada tahun 895 H.

Barangkali, karena tuanya usia naskah dan isinya yang sangat bermanfaat, banyak penulis syarah Matan Bad'ul Amali (متن بدء الأمــــالي) yang bermunculan. Berikut ini adalah judul-judul kitabnya.

  1. Badrul Layali PDF (Jilid 1, Jilid 2) (بدر الليالي)
  2. Darojul Ma'ali PDF (درج المعالي)
  3. Dlou'ul La'ali PDF  (ضوء اللالي)
  4. Dlou'ul Ma'ali PDF | New, Old (ضوء المعالي)
  5. Jami'ul La'ali PDF (جامع اللألي)
  6. Nukhbatul La'ali PDF (نخبة اللالي)
  7. Taqrirat Bad'ul Amali PDF (تقريرات بدء الأمالي)
  8. Tuhfatul A'ali PDF (تحفة اللأعالي)
  9. Nasyrul La'ali (نشر اللآلي بشرح بدء الأمالي - التونسي) - No PDF
  10. Aqdul La'ali (عقد اللآلي) - No PDF

Bila Anda ingin mendapatkan naskah Matan Bad'ul Amali, silakan download di link khusus PDF Matan Bad'ul Amali, di bawah ini:

  1. Majmu' Mutun Al-Kabir PDF (مجموع المتون الكبير)
  2. Muhimmatul Mutun PDF (مهمات المتن)

Di dua naskah kitab tersebut, syiir nadham tauhid Bad'ul Amali disertakan bersama Nadham lain yang bertema tauhid ahlussunnah wal jama'ah (bukan Mu'tazilah maupun Mujassimah al-Wahhabiyyah) serta bergenre lainnya, misalnya:

  1. Matan Nadham Bad'ul Amali PDF (متن بدء الأمالى)
  2. Mandhumah Asma' Rusul PDF (منظومة أسماء الرسل)
  3. Matan Tauhid Al-Bajuri PDF (متن الباجوري)
  4. Matan Al-Aqa'idun Nasafiyyah PDF (متن العقائد النسفية)
  5. Matan As-Syaibaniyyah PDF (متن الشيبانية)
  6. Matan Jauharotut Tauhid PDF (متن الجوهرة)
  7. Matan Kitab Al-Kharidah PDF (متن الخريدة), dan
  8. Matan Kitab Sanusiyyah PDF (متن السنوسية)

Bila masih kurang dengan tema tauhid lainnya, silakan buka postingan berjudul: Kumpulan Kitab Kuning Syarah Jauhar Tauhid. Daftar kitab syarah di atas harusnya masih bertambah. Tapi karena yang tersedia PDF nya hanya beberapa saja, kami hanya menyertakan yang ada PDF-nya, meski syarah Bad'ul Amali lebih banyak dari yang ada dalam daftar.

Pembaca yang menemukan kitab syarah Bad'ul Amali lainnya, bisa menuliskan di kolom komentar atau menghubungi redaksi, agar lebih kaya khazanahnya, di dunia maya. [dutaislam.com/ab]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB