Ketika Santri Merasa Salah ke Gus Nadir di Medsos, Minta Maaf Lalu Dapat Simpati
Cari Berita

Advertisement

Ketika Santri Merasa Salah ke Gus Nadir di Medsos, Minta Maaf Lalu Dapat Simpati

Duta Islam #03
Kamis, 12 September 2019

Salah satu netizen mengaku santri merasa salah ke Gus Nadir. Setelah minta maaf, netizen bernama Shodiq Al Fajar mendapat simpati.
DutaIslam.Com - Salah satu ciri khas santri selalu takdzim kepada guru (kiai). Santri juga tidak selalu merasa benar. Sikap tawadhu ditunjukkan dengan segera minta maaf ketika merasa bersalah.

Ini juga yang ditunjukkan salah satu netizen bernama Shodiq Al-Fajar saat bertanya ke Rois Syuriah PCI NU Australia Nadirsyah Hosen (Gus Nadir) di Twitter, Rabu (11/09/2019). Saat itu, Gus Nadir tidak memberikan jawaban atas pertanyaan Shoqid yang mengaku sebagai santri.

Redaksi tidak mengetahui secara pasti pertanyaan Shodiq karena hingga berita ini ditulis pertanyaan tersebut sudah dihapus. Namun dari jawaban Gus Nadir, tersirat pertanyaan Shodiq tentang ibarat yang bisa dicari di buku.

"Ampuun dah. Yang beginian aja nanya ke saya. Cari sendiri lah. Jangan malas mencari referensi @ShodiqAlFajar1. Bukan saja ilmumu nanti bertambah, tapi juga ada barokah dalam kenikmatan belajar. Percaya deh," jawab Gus Nadir, Rabu (11/09/2019).


Mengetahui jawaban Gus Nadir, Shodiq langsung minta maaf berkali-kali karena merasa bersalah.

"Saya mohon maaf bila sikap saya ada yang salah. Salam ta'zhim untuk kyai @na_dirs. Saya hanya tanya. Saya masih di pesantren dan kurang belajar. Saya mohon maaf," tulis Shodiq di kolom komentar jawaban Gus Nadir.

Salah satu netizen bernama Abdurrahman mengkritik Shodiq dan menganggap bahwa Shodiq tidak punya sopan santun kepada Gus Nadir.

"Emang kok, semenjak ada medsos santri-santri sekarang jadi tambah ga ada sopan santunya. Itu diadakannya Bahtsul Masail supaya kalian jadi rajin baca kitab buat nyari referensi, bukan malah nanya ke ulama' lewat medsos!! Gebleeeek!!!," tulis Abdurrahman.

Melihat komentar Abdurrahman, Shodiq tidak mengkritik balik Abdurrahman, apalagi menghujat. Shodiq justru minta maaf lagi atas kesalahannya.

"Saya mohon maaf. Saya tidak ada niatan jelek. Sebab di FB banyak ustadz yang langsung ngasih ibarat kitab juga misal ditanya. Saya mohon maaf. Saya percaya bahwa kyai @na_dirs
itu alim. Semoga kyai sehat selalu," ucap Shodiq.

Abdurrahman yang sebelumnya berkomentar pedas pun seperti luluh dan minta maaf kepada Shoqid karena berkomentar keras.



"Sama-sama mas bro @ShodiqAlFajar1. Saya juga minta maaf udah ngegas, lain kali pikir-pikir dulu lah, masa iya sekelas Gus @na_dirs disuruh nyarikan ibarot," jawab Abdurrhman.

"Iya gak papa mas. Saya akan introspeksi diri. Saya hanya tanya dan tidak memaksa," jawab Shodiq.

Shoqid yang berkali-kali minta maaf mendapat tanggapan postif dari netizen. Salah satu akun bernama Dakhim dan Abdurrahman meminta Shodiq agar terus semangat belajar. [dutaislam.com/pin]

close
Banner iklan disini