Benarkah Habib Rizieq Pimpin Doa di Pemakaman Mbah Moen?
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Benarkah Habib Rizieq Pimpin Doa di Pemakaman Mbah Moen?

Duta Islam #03
Rabu, 07 Agustus 2019
Loading...

Prosesi pemakaman Kiai H. Maimoen Zubair di Komplek Pemakaman Ma'la, Makkah, Arab Saudi. Foto: Tribunnews.com.
DutaIslam.Com - Dalam video yang sempat viral, Habib Rizieq Shihab juga hadir di tengah kerumunan warga pada saat wafatnya Kiai H. Meimoen Zubair di Makkah Al-Mukarromah. Bahkan Habib Rizieq mengencangkan suaranya dan berdoa untuk Mbah Moen.

Kiai Bogor yang ikut memakamkan Mbah Moen Dr. Ade Syarmili mengatakan, Habib Rizieq memang hadir dan berada di tengah tengah jamaah. Habib Rizieq juga berdoa. Namun tidak otomatis memipin doa buat yang lain. Pasalnya, menurut Kiai Ade, banyak juga yang berdoa untuk Mbah Moen selain Habib Rizieq.

Baca juga: Sempat Dicegah Keluarga Naik Haji Tahun Ini, Tapi Begini Jawaban Mbah Moen

"Memang beliau berdoa sambil teriak atau boleh disebut suara beliau asli seperti di rekamanya. Di situ juga ada KH syarif dan para masyaikh yang lain, tapi mereka menepi saja, karena hukumnya kalo di sini (Mekkah, Red) ada yang meninggal dan dishalatkan di harom, maka urusan berikutnya dewan yang ngurus itu di harom yang menata laksana nya. Kita orang Indonesia atau keluarga gak bisa ngapa ngapain lagi. Diserahkan seluruhnya kepada diwan," kata Kiai Syarmili, Selasa (06/08/2019).

Menurut Atase KBRI Riyadh Sa'dullah Affandi, siapapun yang hadir takziah membaca doa dan tidak ada ketentuan formal untuk mendoakan kepada tokoh dan ulama besar Mbah Moen.

"Jadi Habib Rizieq membaca doa di tengah kerumunan itu, ya sama saja dengan jamaah lain yang juga turut mendoakan. Bukan dia yang mimpin doa dan prosesi pemakaman," katanya.

Sementara Kepala Daker Makkah Subhan Cholid menjelaskan, yang memimpin doa dalam prosesi pemakaman Mbah Moen adalah Sayyid Ashim putera dari Sayyid Abbas bin Alawi al-Maliki yang mendapat gelar Bulbul Makkah dan keponakan Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki yang punya banyak murid dari Indonesia.

Ini rekaman video saat Sayyid Ashim memimpin doa untuk Mbah Moen.
Sebelum dimakamkan, lanjut Subhan, jenazah Mbah Moen juga mendapat penghormatan dengan dishalatkan di Masjidil Haram oleh jutaan jama'ah haji.

"Prosesi pemakaman Mbah Moen dari awal hingga akhir dipimpin Bapak Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh," jelasnya.

Subhan juga membenarkan bahwa sejumlah ulama Indonesia juga secara bergantian memimpin shalat jenazah dan berdoa untuk Mbah Moen. Di antaranya, Kiai H. Anwar Mansur, Kiai H. Bunyamin Ruhiyat, Kiai H. Aufal Marom, dan Kiai H. Ulin Nuha Arwani Kudus. [dutaislam.com/pin]




Loading...