5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW
Cari Berita

Advertisement

5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Duta Islam #04
Sabtu, 13 April 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Penjelasan amalam sunnah di bulan Ramadhan (sumber: istimewa)
Bulan Ramadhan didaulat sebagai bulan panen pahala. Keberkahan serta maghfirah Allah SWT terbuka lebar bagi umat Islam. Umat Islam berlomba-lomba meraih keberkahan beribadah di bulan suci Ramadhan.

DutaIslam.Com -  Bulan Ramadhan semakin berkah jika hari-harinya diisi dengan beragam amal ibadah. Ada banyak amal ibadah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan agar meraih keberkahan di bulan suci Ramadhan. Sehingga, amal ibadah di bulan Ramadhan berkali-kali lipat pahalanya.

Tentunya, momentum ini sangat disayangkan jika umat Islam menyia-nyiakannya. Siapapun yang dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini akan meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Ingat, kesempatan besar ini belum tentu akan menjumpai lagi. Seseorang tidak ada yang tahu kapan nyawanya akan dicabut oleh Allah SWT.

Dengan diberikan kesempatan oleh Allah SWT masih bersua dengan bulan Ramadhan tahun ini, seyogyanya umat Islam menghabiskan waktunya untuk beribadah kepadaNya dan menjalankan sunnah-sunnah nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW telah banyak memberikan suri tauladan tentang amal ibadah sunnah yang kita dapat lakukan di bulan Ramadhan. Berikut amalan ibadah sunnah yang dianjurkan selama bulan Ramadhan.

1. Shalat tarawih berjamaah

Shalat tarawih berjamaah merupakan salah satu amal ibadah sunnah yang dapat menambah keberkahan puasa Ramadhan. Kesunahan shalat tarawih banyak dijelaskan dalam kitab-kitab hadist atau fikih.

Di bulan Ramadhan, umat Islam terlihat sangat semangat dalam menjalani ibadah shalat tarawih. Mereka berjamaah menjalankan ibadah shalat tarawih berjmaah di Masjid dan musholah. Syiar Islam tampak menggema di bulan suci Ramadhan.

2. Memperbanyak sedekah

Bersedah merupakan bentuk rasa kepedulian sesama manusia. Dengan bersedekah, ia telah menyisihkan harta bendanya untuk membantu orang lain.

Dalam kitab fathul mu'in dijelaskan, siapapun yang membantu meringankan satu beban saudaranya, maka Allah meringankan kesusahan-kesuhannya di akhirat nanti. Pahala orang bersedekah begitu besar dan berlipat.

Nabi Muhammad SAW selama bulan Ramadhan senantiasa memberbanyak shodaqoh. Beliau ingin mengajarkan kepada umatnya agar giat bersedekah, terutama di bulan Ramadhan.

3. Memperbanyak i'tikaf

Memperbanyak i'tikaf dengan berdiam diri di masjid merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan. Selama berdiam diri di masjid, orang yang beri'tikaf senantiasa khusu' beribadah dengan berdzikir dan memperbanyak shalat sunnah.

Ketika ia khusu' berdzikir di masjid, sama halnya telah menghindarkan dirinya dari perbuatan maksiat. Sehingga, aktifitasnya di bulan Ramadhan bernilai ibadah semua.

4. Menghidupkan malam lailatul qadar

Malam lailatul qadar merupakan malam yang special bagi umat Islam. Sebab, malam lailatul qadar dinilai lebih baik dari seribu bulan. Di malam ini, al-Quran diturunkan dari lauh al-mahfudz ke baitul 'izzah.

Keberkahan malam lailatul qadar akan menjadi sia-sia jika tidak mengisi malam itu dengan beribadah kepada Allah SWT. Menghidupkan malam lailatul qadar mengerjakan sholat malam, memperbanyak istighfar, i’tikaf, dan doa.

5. Membaca al-Quran

Tadarus al-Quran di bulan suci  Ramadhan merupakan salah satu amal ibadah yang dianjurkan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan dan al-Quran adalah dua kenikmatan yang diberikan Allah SWT kepada umat Islam.

Para ulama menghatamkan al-Quran selama bulan Ramadhan sangat beragam. Imam Syafi'i menghatamkan al-Quran sebanyak 60 kali di bulan Ramadhan. Ada pula ulama yang menghatamkan al-Quran setiap satu pekan sekali dan ada juga yang setiap sepuluh hari sekali.

Kebiasaan para ulama yang menghatamkan al-Quran tersebut tiada lain ingin meraih keberkahan dan kemuliaan bulan Ramadhan. Dengan membaca al-Quran, keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT semakin bertambah dan meningkat. [dutaislam.com/in]

Artikel dutaislam.com

Demikian penjelasan 5 Amalan Sunnah Bulan Ramadhan Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW. Adapun Cara Niat Puasa Ramadhan, silahkan baca di artikel berikutnya.

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB