Ustadz Monaslimin Salah Tashrif, Kiai Lukman Jelaskan Hakikat Dibalik Tashrifan
Cari Berita

Advertisement

Ustadz Monaslimin Salah Tashrif, Kiai Lukman Jelaskan Hakikat Dibalik Tashrifan

Duta Islam #03
Kamis, 07 Maret 2019

Kiai Lukman Hakim. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Kesalahan mentashrif Ustadz-Ustadz Monaslimin menuai sejumlah komentar dari berbagai pihak. Ahli Tasawuf Kiai Lukman Hakim juga ikut nimbrung. Dia menjelaskan hakikat dibalik Ilmu Sorrof tersebut.

Menurut Kiai Lukman, Tashrifan merupakan cara berlogika sistematis, organis, silabis, historikal, faktual, aktual, dan milenial. Jika ada tokoh agama yang tidak tahu tashrif, maka cara berpikirnya dipertanyakan.

"Sejak zaman Old dulu para Ulama Nusantara berfikirnya sangat sistematis dan proporsional. Jika ada tokoh Islam yang nggak kenal Tashrifan dengan bagus biasanya berfikirnya agak-agak emboh," ujar Kiai Lukman melalui akun Twitternya, Selasa (05/03/2019).

Kiai Lukman mengatakan, Tashrifan sekaligus menunjukkan kehebatan pesantren. Tashrifan sama halnya dengan 5W+1H dalam jurnalistik untuk menunjukkan bukti kuat.

"Para penyidik hukum saja butuh alat bukti kuat. Nah cara berfikiirnya pasti ala Tashrifan juga. Bahkan 5 W + 1 H yang jadi kaidah Jurnalistik. Jika para Jurnalis tidak mengenal Tashrifan, beritanya nggak faktual dan tidak mendidik publik. Inilah hebatnya tradisi keilmuan pesantren," katanya. [dutaislam.com/pin]

close
Banner iklan disini