Jumat, 07 September 2018

Ketua PCNU Indramayu Yakin Calon Sarjana STIDKI NU Jaga Islam Nusantara

Calon mahasiswa dan segenap civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Nahdlatul Ulama (STIDKI NU) Kabupaten Indramayu.
DutaIslam.Com - Sebanyak 159 orang calon mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Nahdlatul Ulama (STIDKI NU) Kabupaten Indramayu selama tiga hari beruturut-turut (4-6 September 2018) mengikuti Program Pengenalan Studi dan Almamater (Propesa) tahun akademik 2018/2019 di Aula kampus STIDKI NU jalan Gatot Subroto No. 09 Indramayu.

Para calon mahasiswa yang mengikuti Propesa mendapatkan materi berupa pengenalan sejarah pendirian dan visi misi STIDKI NU Indramayu, Peneguhan Tri Darma Perguruan Tinggi, pengenalan 4 program Studi Kampus yakni: Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Menegemen Dakwah (MD), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan Bimbingan Konseling Islam (BKI),  pengenalan organisasi intra kampus, kiat sukses belajar di perguruan tinggi, wawasan kebangsaan, ke NU-an juga pencegahan radikalisme dan narkoba.

Selain itu, para peserta Propesa juga digembleng dengan berbagai kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif serta gerakan aksi kepedulian sosial berupa pembagian sembako kepada fakir miskin, tukang becak dan pengemis di berbagai titik di seputar kota Indramayu.

“Kami sangat bangga dan mendapatkan berbagai ilmu yang sangat berguna dengan mengikuti kegiatan Propesa ini, dengan adanya acara Ospek yang sangat mendidik ini kami lebih mengenal secara utuh kampus STIDKI NU Indramayu, apalagi kreasi kami sebagai mahasiswa baru juga diberikan ruang dan sangat diapresiasi oleh panitia dan para dosen, dan yang lebih membanggakan, kami diajarkan untuk peduli pada sesama dengan adanya kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako ini,” ujar salah seorang peserta Propesa, Wasta. 

Di akhir acara, seluruh peserta yang dibagi dalam sepuluh kelompok menampilkan berbagai kreasi seni, mulai dari seni teater, seni sintren khas Indramayu, pencak silat, band akuistik, sholawat dan berbagai atraksi lainnya. Selanjutnya acara Propesa ditutup oleh Ketua PCNU Indramayu, KH. Juhadi Muhammad, sekaligus pelepasan perlengkapan Propesa dan pemakaian jas almamater sebagai tanda bahwa seluruh calon mahasiswa kini telah resmi dan sah menjadi mahasiswa STIDKI NU Indramayu.

Ketua PCNU Indramayu, KH. Juhadi Muhammad dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas semangat seluruh peserta Propesa. “Saya merasa bangga dan bahagia melihat seluruh peserta Propesa sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, selama tiga hari tidak pernah kendor, ini memacu semangat kami sebagai Ketua PCNU Indramayu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh mahasiswa STIDKI NU Indramayu, karena perguruan tinggi ini adalah milik PCNU Indramayu secara kelembagaan dan bukan milik pribadi seseorang,” ungkap Ketua PCNU Indramayu, KH. Juhadi Muhammad.

KH. Juhadi Muhammad juga menegaskan, kinerja seluruh panitia dan dosen juga sangat luar biasa sehingga bisa menyelenggarakan Propesa yang bagus, mendidik sekaligus menumbuhkan kreatifitas para calon mahasiswa STIDKI NU Indramayu. “Ke depan saya optimism bahwa calon-calon sarjana ini akan menjadi kader NU, kader dakwah dan kader bangsa yang handal yanga akan mampu menjaga Islam Nusantara sekaligus mencegah gerakan radikal dan pada ahirnya akan mampu menjaga keutuhan NKRI,” tegasnya.

Menurut KH. Juhadi Muhammad, PCNU Indramayu memiliki tiga program besar selama masa kepengurusan periode 2017-2022 ini, yaitu program peningkatan perekonomian, program pendidikan dengan pendirian perguruan tinggi dan program pendirian rumah sakit NU.

“Alhamdulillah program perekonomian sudah berjalan, dan untuk program pendidikan dengan pendirian perguruan tinggi sekarang sudah berjalan selama dua tahun ini STIDKI NU Indramayu dengan mahasiswa yang mencapai ratusan, pada tahun pertama ada 243 mahasiswa dengan biaya gratis dan pada tahun kedua yaitu tahun 2018 ini sudah mulai berbayar namun antusiasme warga NU untuk kuliah tetap tinggi, terbukti dengan adanya mahasiswa baru sebanyak 159 orang meskipun mereka harus membayar biaya perkuliahan, sementara untuk program pendirian rumah sakit NU ini masih proses dan kami telah membebaskan tanah seluas 1 hektar yang nantinya akan digunakan untuk RS NU Indramayu,” ucapnya, diiringi tepuk tangan gemuruh seluruh mahasiswa.

Sementara, perwakilan peserta Propesa, Muhammad Agi Fahmi saat menyampaikan kesan dan pesannya menyatakan sangat bangga dan memiliki kesan mendalam selama mengkuti Propesa, sekaligus dirinya mengajak kepada seluruh mahasiswa baru STIDKI NU Indramayu untuk memantapkan niat dan bersemangat dalam menempuh perkuliahan hingga kelak menjadi sarjana.

“Kami ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah membimbing kami, juga kepada para dosen dan jajaran PCNU Indramayu, banyak ilmu yang kami dapat dalam kegiatan ini, kita jadi lebih mengenal lebih dalam tentang ke-Nuan, lebih memahami tentang STIDKI NU dan kami siap untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi milik NU ini, agar kelak kami menjadi sarjana yang berkualitas dan berguna bagi agama, bangsa dan negara,” ujarnya.

Rektor STIDKI NU Indramayu, DR. Rer.nat Jaenal Efendi mengaku sangat berbangga hati melihat perkembangan STIDKI NU Indramayu. “Meskipun STIDKI NU Indramayu baru berumur dua tahun, namun sudah terlihat geliatnya dan bahkan mendapat respon positif dari warga NU dan masyarakat Indramayu, hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mau kuliah di perguruan tinggi milik NU ini, hal ini memotivasi kami untuk terus menata diri dan memberikan pengajaran terbaik kepada para mahasiwa agar kelak mereka bisa menjadi sarjana yang lulus dengan predikat terbaik dan siap mengabdi pada masyarakat, agama, bangsa dan negara,” tegasnya.

Para mahasiswa baru STIDKI NU Indramayu selesai mengikuti Propesa tersebut akan langsung memasuki masa perkuliahan semester pertama dan berbagai kegiatan kemahasiswaan serta berbagai kegiatan ilmiah, diantaranya STIDKI NU akan menggelar Kuliah Umum yang akan menghadirkan Narasumber utama Ketua Umum PBNU, Prof. DR. KH. Said Aqiel Siradj. [dutaislam.com/Iing Rohimin/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini