Jumat, 04 Mei 2018

[Hati-Hati] Jelang Ramadhan, Amaliyah Nahdliyin di Bulan Ramadhan Mulai Diserang, Dituduh Bid'ah

Pamflet yang membid'ahkan amalan-amalan warga Nahdliyin. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com – Jelang Bulan Suci Ramadhan, sudah mulai beredar pamflet-pamflet dari kelompok yang menganggap dirinya paling Islam dan paling nyunnah. Banyak amaliah-amaliah yang selama ini banyak dilakukan warga Nahdliyin mulai diserang dengan anggapan bid’ah. Kalau melakukannya dianggap puasanya tidak sempurna karena dianggap tidak ada dalil dari nash.

Satu diantaranya sebuah pamflet yang menyatakan ada 14 bid’ah di Bulan Ramadhan. Pamflet itu disebar oleh salah satu akun di media sosial dengan caption berikut:

“Menyambut Ramadhan dengan bekal ilmu. Agar Ibadah lebih sempurna. Akal yang sehar tidak akan bertentangan dengan dalil yang shohih. Apabila dalil yang shohih ada pada otak kita sepertinya tidak masuk akal. Maka ketahuilah bahwasanya kekurangan ada di ada pada akal kita yang memang sangat terbatas, bukan pada dalil,” demikian, katanya.

Di bawah ini bentuk pamfletnya:


Sebagaimana dalam pamflet tersebut, penulis 14 Bid’ah di Bulan Ramadhan itu ditulis atas nama Ummu Miftah. Diantara amalan Ramadhan yang dianggap perbuatan bid’ah dan salah kalau dilakukan adalah melafadkan niat “Nawaitu shouma ghadin.....” dan merayakan peringatan Nuzulul Qur’an.

Masyarakat terutama warga nahdlyin musti hati-hati dengan isi di dalam pamflet tersebut dan tidak serta merta menerima dan mengikuti begitu saja.

Berikut ini beberapa bahasan mengenai amaliah yang diangga sesat tersebut:

1. Kearifan Lokal dalam Islam








Demikian, semoga bermanfaat, selamat mempersiapkan ibadah puasa yang akan segera tiba. [dutaislam.com/pin

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini