Minggu, 21 Januari 2018

Aksi Ikhwan Matan di Muktamar XII Jatman: Mulai Selfie, Ngopi Hingga Koordinasi

Wajah riang Matan-Matan seluruh Indonesia, di Pendopo Lama Kota Pekalongan, Rabu (16/01/2018) siang.
Dutaislam.com - Acara Muktamar Jamiyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu'tabaroh An-Nahdliyyah (Jatman) XII yang berlangsung di Pekalongan 15-17 Januari 2018 membuat catatan sejarah tersendiri untuk 600-an anggota Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Matan) yang hadir. Utamanya untuk panitia lokal dan Pengurus Pusat (PP) Matan.

Kesempatan yang hanya ada lima tahun sekali itu (terakhir tahun 2012), betul-betul dimanfaatkan oleh arek-arek Matan dari seluruh penjuru tanah air. 15 perwakilan pengurus wilayah Matan di Indonesia hadir dengan sumberdaya sendiri bersama pengurus 56 cabang dan 26 komisariat kampus masing-masing, demi silaturrahim dengan guru dan para murid thoriqoh lain di Muktamar.

Saat kirab merah putih pra pembukaan Muktamar misalnya, banyak anggota Matan yang berselfie ria dengan polisi wanita (polwan) yang menjadi petugas di lapangan alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan. Ini fotonya:

Beberapa anggota Matan dari PP Matan dan Cabang Semarang selfie dengan petugas kirab di alun-alun Pekalongan, Ahad (14/01/2017) pagi. 
foto matan di acara muktamar xii jatman
Wajah ceria petugas Kirab dari Matan Pekalongan, Ahad (14/01/2018)
Adapula yang selfie ria saat menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo. Berikut ini adalah foto arek Matan Jawa Timur sebelum memasuki arena pembukaan Muktamar XII Jatman di Kabupaten Pekalongan, Senin (15/08/2018) pagi.

Gus Miftah (kiri) dan Gus Zaki (kanan), selfie menunggu kedatangan presiden Jokowi di Muktamar XII, Senin (15/01/2018)
PP Matan mengawal Sekjend PBNU, H. Helmy Faishal Zaini, masuk area Muktamar.
Di area pembukaan Muktamar Jatman XII, yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Habib Luthfi bin Yahya (Rois Aam Jatman), KH Said Aqil Siraj (Ketua Umum PBNU), dan beberapa menteri kabinet kerja, anggota Matan juga masih banyak yang menyempatkan diri berselfie ria dengan beberapa mursyid Thoriqoh.

Ketua Matan Jawa Barat, Dr Ajid Tohir bersama KH Sofyan Ast-Tsauri dari Bengkulu di Pembukaan Muktamar Jatman XII, Senin (15/01/2018) pagi. 
Ada presiden Jokowi pidato, tapi pengurus PP Matan di atas masih sempat selfie, Senin (15/01/2018) siang. 
ketua umum matan pusat
Dr. Hamdani Mu'in (kanan, Ketum Matan) juga selfie dengan Syarifual Anam (kiri, Wasekjend Matan) di Pembukaan Muktamar Jatman XII, Kabupaten Pekalongan, Senin (15/01/2018)
Hingga pembukaan Muktamar selesai, wajah-wajah ceria Matan masih tersungging manis. Mereka membaur bersama para masyayikh Jatman dan mursyid thoriqoh yang hadir. Beberapa foto yang didapatkan Dutaislam.com bisa dijadikan dokumentasi menarik untuk publik, antara lain saat kumpul bareng membahas persiapan sidang komisi F Jatman, yakni Matan, yang akan berlangsung esok harinya, Selasa, 16 Januari 2018.

Hasan Habibie, ST., M.S.I (kiri) saat bertemu Dr. Hamdani Mu'in (kanan) usai Pembukaan Muktamar di Kabupaten Pekalongan, Senin (15/01/2018) siang. Membahas sidang komisi Matan kayaknya. 
Panitia lokal (Kang Mirza, kaos putih pojok) bersama Koordinator Sidang Komisi F Matan, Dr. Yasir Alimy (baju putih berkacamata) dan pengurus PP Matan sedang rapat koordinasi di Nirwana Hotel, Pekalongan, Senin (15/01/2018) sore hingga Maghrib.  
Dari kanan: Dr. Yasir Alimy, Kang Mirza dan Dr. Syakir (Ketua PW Matan Jateng) rapat terbatas, di Pekalongan. 
Sementara, panitia lokal dari Matan Pekalongan harus siapkan logistik Muktamirin karena esok hari Sidang Komisi F sudah siap dijalankan di lantai III gedung Pascasarjana IAIN Pekalongan, Selasa (16/01/2018) pagi hingga malam. Lokasi: Gedung Kanzus Sholawat Pekalongan. 
Sebelum pelaksanaan Sidang komisi F Matan Muktamar Jatman XII dimulai dengan sidang tatatertib yang cukup dinamis itu, anggota pengurus Matan peserta Muktamar menghadiri taujihat (arahan khusus) Maulana Habib Luthfi bin Yahya dilanjut dengan Seminar dengan tema: "Peran Thoriqoh dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi di Indonesia".

Karena Abah Luthfi berhalangan hadir, acara dilanjutkan langsung ke seminar yang di isi oleh, 1). Habib Abdurrohim Assegaf (Puang Makka, dari Makassar, Mursyid Thariqoh Khalwatiyah Syeikh Yusuf al-Makssari ke-12), 2). Hasan Habibie, S.T, M.S.i (Pustekkom Kemendikbud RI) dan Dr. H.M Asrorun Ni'am Sholeh, M.A (Dirjen Kemenpora RI).

Muktamirin khusyuk mendengarkan ceramah dalam Seminar Nasional "Peran Thoriqoh dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi di Indonesia", Selasa, (16/01/2018) siang.
Dari kiri: Habib Abdurrohim Puang Makka, Dr. Asrorun Ni'am Sholeh dan Hasan Habibie saat mengisi seminar kepemudaan dan thoriqoh di komisi Matan, Selasa (16/01/2018) pagi. 
Setelah seminar, para Muktamirin Matan melanjutkan sidang tata tertib (tatib) yang akan dijadikan pedoman dalam pembahasan sub komisi bidang 1). Keorganisasian, 2). Pengkaderan, dan 3). Rekomendasi. Berikut ini suasana sub sidang Komisi F (Matan) Muktamar Jatman masing-masing bidang:

Lesehan: Suasana Sidang Komisi Matan bidang Pengakderan. Foto: Dutaislam.com
Duduk khidmah: Suasana Sidang Komisi Matan Bidang Keorganisasian (SOP Juknis). Foto: Dutaislam.com
Bersila: Suasana Sidang Komisi Matan Bidang Rekomendasi. Foto: Dutaislam.com
Ini foto selfie Gus Farih, Ketua Matan Jawa Timur, saat sidang tatib berlangsung. Foto: Dutaislam.com 
Saat sidang komisi F Matan berlangsung, Ketua Umum Matan, Dr. Hamdani Mu'in, tidak bisa mengikutinya secara penuh karena faktor kesehatan. Beliau harus dirawat di rumah sakit terdekat agar bisa mengikuti acara selanjutnya pasca sidang komisi. Sempat diwawancara oleh media. 

TV9 mewawancarai Dr. Hamdani Mu'in di arena Muktamar Sidang Komisi F Matan, Selasa (16/01/2018) siang sebelum opname semalam di rumah sakit. 
Wajah-wajah lelah anggota Matan dan Muhibbin thoriqoh mulai tampak di arena Muktamar Jatman XII Komisi F Matan. Berikut ini beberapa penampakan yang berhasil dicepret dan dikirimkan ke redaksi Dutaislam.com: 

Miftah (Jatim), Mumu (Jabar), Husein (Jateng), sedang beradu otot kelingking di Muktamar. 

Capek, ia tidur. 
Basith, menunggu Abah Luthfi hingga terkantuk barokah di ndalem Pekalongan. 
Untuk menunggu pelaporan hasil sidang Komisi F ke Sidang Pleno Muktamar Jatman XII di Pendopo Lama Kota Pekalogan Rabu (17/01/2018) malam, pengurus PP Matan dan lainnya, melakukan kegiatan masing-masing. Ada yang ngopi di kantin, menjenguk Ketum Matan yang dirawat di rumah sakit, mengantar tamu dari Jakarta (untuk seminar) hingga ada yang harus pulang mengejar jadual tiket. 

Suasana Ngopi bareng PP Matan di kantin kampus IAIN Pekalongan, Rabu (17/01/2018) siang, sebelum menjenguk Dr Hamdani di rumah sakit.  
Beberapa anggota Matan menyempatkan sowan Abah Luthfi sebelum pulang, Kamis (18/01/2018) 
Demikian kalaidoskop pelaksanaan Muktamar Jatman XII Komisi F (Matan) yang berlangsung di Pekalongan, 15-18 Januari 2018 (mulai pembukaan hingga penutupan). Dutaislam.com mengucapkan selamat mengemban tugas baru yang kedua kalinya kepada Dr. Hamdani yang dipilih Rois Aam Habib Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya untuk memimpin Matan hingga lima tahun ke depan (2017-2022). [dutaislam.com/ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini