Shollu alan Nabi! Hari Ini, 20 April 2017, Nabi Muhammad Lahir 1.446 Tahun Silam
Cari Berita

Advertisement

Shollu alan Nabi! Hari Ini, 20 April 2017, Nabi Muhammad Lahir 1.446 Tahun Silam

Kamis, 20 April 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Pada tahun 2017 ini, 1.446 tahun yang lalu Sayyiduna Muhammad Rasulullah SAW dilahirkan ke dunia ini, tepatnya hari Senin 20 April 571 M. Artinya, pada Kamis, 20 April 2017 ini, jika dihitung menggunakan tahun miladiyah atau masehi, Kanjeng Nabi Muhammad berulang tahun.

Bagi kalangan wahabi yang sangat tidak suka atas perayaan maulid Nabi Muhammad, tanggal 20 April ini dijadikan dalih untuk menghardik muslimin yang bergembira atas lahirnya Nabi. Situs wahabi muslim.or.id memuat tulisan Abu Ubaidah Yusuf As-Sidawi begini:

"Syaikh Ibnu Utsaimin berkata, “Sebagian ahli falak belakangan telah meneliti tentang tanggal kelahiran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ternyata jatuh pada tanggal 9 Rabiul Awal, bukan 12 Rabiul Awal.” (al-Qaulul Mufid ‘ala Kitab Tauhid: 1/491. Dinukil dari Ma Sya’a wa Lam Yatsbut fis Sirah Nabawiyyah hlm. 7-8 oleh Muhammad bin Abdullah al-Ausyan)."

"Dengan demikian, apa yang dirayakan oleh sebagian kaum muslimin pada tanggal 12 Rabiul Awal setiap tahunnya?"

Jadi, jika muslimin di Indonesia merayakan maulid Nabi pada tanggal 12 Rabiul Awal adalah tidak sah bagi mereka. Apalagi yang merayakan di luar tanggal dan bulan kelahiran. Tentunya dengan mudah mereka akan menyatakan bid'ah.

Kalau saja tidak ada penggiriagan opini tentanag perayaan maulid Nabi, itu masuk bagian akademis. Tapi jika sudah nyinyir, perlu diberi pelajaran juga bagusnya. Baiklah. Dutaislam.com akan menyajikan tentang khilafiyah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tanggal Kelahiran
Jumhur ulama dari kalangan Ahlussunnah wal Jamaah mengatakan, Rasulullah SAW lahir pada tanggal 12, tapi banyak pula yang berpendapat bahwa Rasulullah SAW lahir pada tanggal 9, bahkan tanggal 17, seperti pendapat kalangan Syiah Imamiyyah. Wahabi ikut ini?

Dalam buku yang ditulis oleh Drs. Aep Syaifullah, ada pembahasan satu bab membincang ihwal lahir dan wafatnya Rasulullah SAW. Di situ dikatakan, pendapat bahwa Rasulullah SAW lahir pada tanggal 12 Rabi'ul Awwal perlu dikaji ulang, karena bertolak belakang dengan fakta sejarah, hadits, dan ilmu pengetahuan.

Pendapat yang menyatakan bahwa Nabi SAW lahir pada tanggal 12 Rabi'ul Awwal itu, walau sangat terkenal, disandarkan pada riwayat yang lemah, yaitu Ibnu Ishaq. Menurut ulama-ulama ahli hadits, Ibnu Ishaq dianggap seorang yang lemah dalam riwayat-riwayatnya.

Sementara pendapat yang shahih dan kuat mengenai tanggal kelahiran Nabi SAW ialah, beliau lahir pada Senin, 9 Rabi'ul Awwal, tahun Gajah. Di antara ulama yang berpendapat seperti ini adalah Ibnu Katsir, Ibnu Qayyim, dan Ibnu Taimiyah.

Pendapat ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli falak atau astronomi Mesir yang terkenal, yaitu Mahmud Pasya, yang mencoba menentukan tanggal gerhana matahari dan gerhana bulan yang terjadi pada zaman Nabi SAW sampai zamannya.

Berdasarkan kajiannya, hari Senin tidak mungkin bertepatan dengan tanggal 12 Rabi'ul Awwal. Ia mengemukakan beberapa alasan untuk mendukung hasil kajiannya. Sebagian alasan yang dikemukakan oleh Mahmud Pasya adalah, pertama, dalam Shahih Bukhari disebutkan, ketika putra Rasulullah SAW, Ibrahim, wafat, telah terjadi gerhana matahari pada tahun ke-10 setelah hijrah. Dan Nabi Muhammad SAW ketika itu berusia 63 tahun.

Kedua, berdasarkan kaidah perkiraan falak, diketahui bahwa gerhana matahari yang terjadi pada tahun ke-10 setelah hijrah itu bertepatan dengan tanggal 7 Januari 632 Masehi, pukul 8.30 pagi.
Ketiga, berdasarkan pada perkiraan ini, seandainya diundurkan 63 tahun ke belakang, mengikut tahun qamariyah, kelahiran Nabi SAW jatuh pada tahun 571 Masehi. Berdasarkan perkiraan yang telah dibuatnya, tanggal 1 Rabi'ul Awwal bertepatan dengan tanggal 12 April 571 Masehi.

Keempat, meskipun terjadi perselisihan pendapat mengenai tanggal kelahiran Nabi SAW, semua pihak sepakat mengatakan bahwa hari kelahiran Nabi SAW adalah hari Senin, pada bulan 12 Rabi'ul Awwal. Dan ternyata, hari Senin itu jatuh pada tanggal 9 Rabi'ul Awwal, bertepatan dengan tangal 20 April 571 Masehi. Bukan 12 Rabi'ul Awwal.

Bulan dan Tahun
Selain perbedaan mengenai tanggal kelahiran Rasulullah SAW, ada pula perbedaan mengenai bulan dan tahunnya. Bahkan juga peristiwa-peristiwa penting lainnya. Mengenai bulan kelahiran, ada yang mengatakan Muharam, Shafar, Rajab. Tapi ada pula yang mengatakan bulan Ramadhan.

Sementara tahunnya, ada yang mengatakan tahun Gajah, 15 tahun sebelum tahun Gajah, 30 tahun setelah tahun Gajah, atau 70 tahun setelah tahun Gajah. Namun kebanyakan pendapat menyatakan, Rasulullah SAW lahir pada hari Senin 12 Rabi’ul Awwal tahun Gajah.

Tahun Gajah adalah saat Raja Abrahah, penguasa negeri Habasyah (Etiopia sekarang), dan pasukan bergajahnya, berniat menghancurkan Ka'bah, tetapi gagal. Itu terjadi 53 tahun sebelum hijrah (secara matematis-astronomis dapat dinyatakan sebagai tahun 53 H). Sehingga saat kelahiran Nabi tersebut bertepatan dengan hari Senin 5 Mei 570 M.

Lalu, kapankah tepatnya pengangkatan beliau menjadi rasul? Tahun kejadiannya umumnya disepakati pada saat Nabi berumur 41 tahun, atau tahun Gajah ke-41 (tahun 13 H). Hanya tentang tanggal dan bulannya tidak ada kesepakatan.

Menurut Jabir dan Ibnu Abbas seperti tersebut di atas, itu terjadi pada hari Senin 12 Rabi’ul Awwal. Bertepatan dengan Senin 24 Februari 609 M.

Isyarat lainnya ada pada QS 2: 185 bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Bila harinya mengacu pada hadits yang diriwayatkan Imam Muslim serta pendapat Jabir dan Ibnu Abbas, 17 Ramadhan 13 H tersebut bertepatan dengan hari Senin 25 Agustus 609 M.

Hasbi Ash Shiddieqy dalam pengantar Tafsir Al Bayaan menyatakan ayat nubuwah (pengangkatan sebagai nabi) pertama kali turun pada bulan Rabi’ul Awwal dengan lima ayat pertama surah Al-Alaq. Kemudian ayat risalah (pengangkatan sebagai rasul) turun pada 17 Ramadhan dengan beberapa ayat awal surah Al-Muddatstsir.

Peristiwa-peristiwa Lain
Peristiwa Isra Mi'raj, saat mulai diwajibkannya shalat lima waktu, pun tidak ada kesepakatan kapan terjadinya. Sebagian besar mengikuti pendapat Ibnu Katsir dari riwayat yang tidak shahih isnadnya, yakni bahwa Isra Mi’raj terjadi pada 27 Rajab 1 H (satu tahun sebelum Hijrah). Itu berarti terjadi pada hari Rabu 15 Oktober 620.

Tetapi bila mengikuti pendapat Jabir dan Ibnu Abbas bahwa Isra Mi’raj terjadi pada hari Senin 12 Rabi'ul Awwal, berarti terjadi pada 12 Rabi'ul Awwal 3 H (tiga tahun sebelum Hijrah), yang bertepatan dengan Senin 6 November 618.

Peristiwa Hijrah Rasulullah SAW terjadi pada bulan Rabi’ul Awwal tahun 13 Bi'tsah (13 tahun setelah pengangkatan sebagai rasul). Berangkat pada 2 Rabi'ul Awwal dan tiba pada 12 Rabi’ul Awwal. Saat tiba di Madinah 12 Rabi'ul Awwal bertepatan dengan hari Senin, 5 Oktober 621. Ini sesuai dengan pendapat Jabir dan Ibnu Abbas bahwa harinya Senin.

Beberapa penulis riwayat Rasulullah SAW merancukan saat hijrah tersebut dengan tahun baru Hijriyyah pertama. Haekal dan Al-Hamid Al-Husaini menyebutkan, peristiwa Hijrah terjadi pada bulan Juli. Haekal menyatakan, Rasulullah tiba di Madinah hari Jumat. Sesungguhnya bulan Juli adalah tahun baru 1 Muharram 1 H yang jatuh pada hari Jumat, 16 Juli 622.

Puasa Ramadhan mulai diwajibkan pada hari Senin 2 Sya'ban 2 H atau 30 Januari 624 M. Itu berarti, puasa Ramadhan pertama terjadi pada bulan Februari-Maret, dengan suhu yang relatif sejuk dan panjang hari termasuk normal (panjang siang hari sekitar 12 jam).

Tanggal Wafat
Hari-hari terakhir kehidupan Rasulullah ditandai dengan turunnya QS 5: 3, yang menyatakan bahwa Allah telah menyempurnakan agama Islam dan meridhainya. Ayat itu turun saat wukuf di Arafah 9 Dzulhijjah 10 H, yang bertepatan dengan Jumat 6 Maret 632. Mungkin ini berkaitan dengan sebutan haji akbar bila wukufnya jatuh pada hari Jumat.

Tiga bulan setelah turunnya ayat tersebut Rasulullah SAW wafat pada 12 Rabi'ul Awwal 11 H. Analisis astronomis menyatakan, 12 Rabi’ul Awwal mestinya jatuh pada hari Sabtu 6 Juni 632. Namun banyak yang berpendapat bahwa Rasulullah wafat pada hari Senin, itu berarti tanggal 8 Juni 632. Perbedaan dua hari tidak dapat dijelaskan akibat terjadinya istikmal (penggenapan menjadi 30 hari) bulan Shafar.

Membicarakan kapan tepatnya hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, juga peristiwa-peritiwa penting dalam sejarah kehidupan beliau, bukanlah hal mudah. Karena ketika itu orang-orang Arab belum mempunyai tradisi mencatat.

Perhatian mengenai pentingnya mencatat baru muncul pada pemerintahan Khalifah Sayyidina Umar bin Khaththab, tepatnya pada tahun 638 Masehi. Ketika itu Umar ingin menjadikan penanggalan Hijriyyah sebagai sistem penanggalan resmi pemerintahan Islam. Tapi muncul masalah, ketika para sahabat ingin menjadikan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai patokan awal sistem penanggalan Hijriyyah.

Tidak ada satu pun di antara mereka yang ingat kapan persis Baginda Nabi dilahirkan. Yang mereka ingat, ketika beliau lahir, ada beberapa peristiwa yang mengiringinya, di antaranya penyerangan pasukan Gajah dari negeri Habasyiah terhadap Ka'bah, yang kemudian diabadikan sejarah Islam sebagai tahun Gajah.

Namun begitu, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang astronomi, serta patokan-patokan yang terdapat dalam hadits Rasulullah SAW, di antaranya hadits tentang puasa hari Senin, yang senantiasa beliau lakukan secara rutin, para ulama berhasil menentukan kapan Rasulullah SAW lahir, wafat, dan sebagainya.

Bukan Sembarang Ulama
Khusus mengenai kelahiran Rasulullah SAW, Habib Mundzir bin Fuad Almusawa, pemimpin Majelis Rasulullah, dalam website www.majelisrasulullah.org, mengatakan, perbedaan pendapat tentang kelahiran Nabi SAW sudah berlalu belasan abad yang silam, dan itu sudah dibahas oleh ribuan muhadditsin.

Menurut jumhur ulama dan muhadditsin adalah 12 Rabi’ul Awwal. Walaupun ada pendapat sebagian kecil yang mengatakan 10 Muharram, dan ada pendapat lain lagi yang mengatakan di bulan lain. Namun semua pendapat itu dhaif. Yang mu’tamad, atau yang dijadikan sandaran oleh sebagian besar ulama, adalah 12 Rabi'ul Awwal.

Para ulama tersebut bukan sembarang ulama. Mereka mempunyai kedalaman ilmu dan keluasan wawasan yang sudah teruji. Bahkan banyak di antara mereka yang bergelar Al-Hafidh, penghafal jutaan hadits.

Demikian keterangan yang dikutip Dutaislam.com dari Majalah Al-Kisah yang pernah terbit tahun 2007.

Dalam tradisi keilmuan ahlus sunnah, cara memilih pendapat bukan sekadar benar atau tidak, shahih atau dlaif. Ada katageori mu'tamad atau masyhur yang dipakai. Inti dari peringatan hari lahir Kanjeng Nabi Muhammad adalah berbahagia atas kelahiran Rasulullah ke bumi.

Tidak ada nash pasti kelahiran Nabi Muhammad dalam Al-Qur'an. Jika tanggal lahir Nabi Muhammad SAW dalam masehi disepakati tanggal 20 April (berzodiak Taurus), itu karena Nabi Muhammad lahir hari Senin, bukan Hari Jumat. Tanggal wafat Nabi Muhammad juga jadi perselisihan karena dalam Al-Quran juga tidak ada nash yang terkstual menyebut tanggalnya.

Jadi, kapanpun Anda ingin mengingat Rasul, di manapun, tidak masalah. Anda maulid di bulan Ramadhan saja sah-sah saja kok. Toh bukan bagian dari rukun iman yang jika ditiggakan menjadikan kita munafiq. Setuju? [dutaislam.com/ab]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB