Iklan

Iklan

,

Iklan

Ini Tiga Sebab Berdirinya NU (Bantahan Situs Sebelah yang Mengaburkan Sejarah)

30 Jan 2017, 17:39 WIB Ter-Updated 2017-01-30T10:39:43Z

DutaIslam.Com - Situs sebelah yang dibuat untuk membuat kabur sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) sekarang sudah mati suri karena cara-cara yang digunakan untuk mengedukasi sejarah NU tidak fair dan provokatif.

Situs yang mengajak mengenal NU justru isinya mengenal tafsiran ngawur hingga menyebut kalau NU didirikan karena para kiai dan ulama saat itu iri dengan gerakan "pemurnian tauhid" ala wahabi di negeri Hijaz. Naudzubillah.

Situs yang konon dibuat kader Persis tersebut hanya berisi hoax dan data serta fakta sejarah NU yang dibuat-buat tanpa tabayun, menilik referensi dari sumber internal NU. Di hari ulang tahun NU yang ke-91 ini, Kiai Muhammad Idris Mesut, sengaja membuat refleksi sejarah.

"NU didirikan oleh para ulama terpilih yang memiliki kapasitas keilmuan luhur dan juga kesalehan mulia," katanya, sebagaimana dikutip Dutaislam.com dari Netizen NU Jawa Timur, Senin (30/01/2017).

Mengutip pendapat KH Dimyathi, Kiai Idris menyebut kalau NU itu didirikan karena tiga sebab penting, pertama, musyawarah dan keputusan bersama 50 ulama besar Nusantara (almasyurah baina khomsina aliman), kedua, istikharah para ulama Nusantara untuk mendirikan sebuah wadah organisasi.

Sedangkan sebab ketiga adalah keputusan para ahli kassyaf atas permintaan yang diajukan oleh para kiai Nusantara. "Oleh karena itu, insyaAllah, NU akan tetap berdiri dan berkembang sebagai cahaya penuntun umat meski ada banyak badai cobaan dan permasalahan," harapnya. [dutaislam.com/ ab]

Iklan