Kamis, 14 Juli 2016

KH Baihaqi Turmudzi: Puasa Senin Kamis Bagian dari Berbakti Kepada Orang Tua


DutaIslam.Com – Untuk mencapai sukses dunia akhirat, ada standar yang harus dilakukan oleh tiap orang, yakni sakha’ (dermawan), al-afwu (gampang memberikan ampunan), dan ihtimal (bersabar).

Itulah salah satu point yang disampaikan oleh KH Baihaqi Turmudzi kepada ratusan hadirin dalam Halal bi Halal ke-17 keluarga Besar Bani Kartodiran, di Rumah Sawidi, Manyargading, Brantak-Sekarjati, Welahan, Jepara pada Sabtu (9 juli 2016) siang.

Acara halal bi halal yang dirangkai kirim doa kepada ratusan ahli kubur keluarga seperti yang dipraktikkan pada acara tersebut, menurut Kiai Baihaqi, adalah bagian dari cara menghormati orang tua atau leluhur yang lebih dulu wafat. “Nabi berpesan, jangan kalian sakiti orang-orang yang sudah meninggal di antara kalian. Wala tu’dzuu mautakum,” tuturnya.

Hal itu sangat disyari’atkan karena kebaikan orang tua kepada anak selamanya tidak akan bisa disepadankan dengan kebaikan anak kepada orang tua. Kelas orang yang bersikap baik kepada orang tua (birrul walidain) dalam Al-Qur’an itu diletakkan setelah perintah bertauhid kepada Allah.

“Dan sembahlah Allah dan jangan bersekutu dengan apapun dan dengan kedua orang tua, berbuat ihsan-lah,” kata Kiai Baihaqi mengutip Surat An-Nisa’ ayat 36.

Karena itulah, ada anjuran untuk puasa Senin-Kamis. Menurutnya, pada hari Senin dan Kamis, amal anak Adam dievaluasi oleh Allah. Orang tua yang sudah meninggal akan melihat perbuatan keturunannya pada kedua hari itu. Di alam barzakh, orang tua setiap manusia akan sedih jika amal perbuatan anak turunnya tidak baik.

Kesunnahan puasa Senin-Kamis dimaksudkan juga agar ketika amal anak adam dievaluasi, ia dalam keadaan berpuasa atau tirakat. Ini adalah bagian dari birrul walidain kepada orang tua yang sudah meninggal. Dengan berpuasa Senin Kamis, kita akan menempuh standar sukses dunia akhirat. [dutaislam.com/ abdullah]
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini