Rihlah ke-20 Rijalul Ansor: Ketua Bawaslu Jepara Apresiasi Kontribusi Kader Ansor dalam Pemilu 2024
Cari Berita

Advertisement

Rihlah ke-20 Rijalul Ansor: Ketua Bawaslu Jepara Apresiasi Kontribusi Kader Ansor dalam Pemilu 2024

Duta Islam #05
Selasa, 20 Februari 2024
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
ketua bawaslu jepara dalam rihlah ke-20 rijalul ansor
Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko (berjas hitam) sedang memaparkan uraiannya dalam Rihlah ke-20 PC MDS Rijalul Ansor Jepara di Masjid Baiturrahim, Gemiring Kidul, Nalumsari, Jepara, Senin (19/02/2024) malam. Foto: dutaislam.com.


Dutaislam.com - Pemilu adalah bagian dari sistem demokrasi. Keterlibatan kader pemuda Ansor di Jepara patut diapresiasi. Baik sebagai penyelenggara, peserta atau konsultan para caleg (baca: sabet). Potensi kader Ansor bisa bermanfaat dalam gelaran Pemilu yang berlangsung pada 14 Februari 2024 lalu. 


Demikian salah satu poin diskusi bersama Sujiantoko, Ketua Bawaslu Jepara dalam Rihlah ke-20 PC MDS Rijalul Ansor Jepara yang digelar di Masjid Baiturrahim, Dukuh Krajan, Gemiring Kidul, Nalumsari, Jepara, Senin (19/04/2024) malam.  


Dalam hajatan rutinan Rihlah bertema "Ukhuwah Langgeng Pasca Pemilu Adem" tersebut, Sujiantoko mengajak kader Ansor supaya tetap memberikan kontribusi yang baik dalam kehidupan demokrasi di Indonesia meski tetap ada kekurangan di sana-sini. Salah satunya terkait dengan ukhuwah (menjaga persaudaraan). 


suasane pembukaan rihlah rijalul ansor di masjid baiturrahim gemiring kidul
Suasana pembukaan Rihlah ke-20 PC MDS Rijalul Ansor GP. Ansor Kabupaten Jepara, di Masjid Baiturrahim, Gemiring Kidul, Nalumsari, Senin (19/02/2024) malam. Foto: dutaislam.com.


Baginya, menjaga ukhuwah itu butuh lima tahapan, yakni ta'aruf (saling mengenal), tafahum (satu frekuensi saling memahami), ta'awun (saling memberi pertolongan), takaful (saling menanggung beban) dan ittishal (mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan diri sendiri). 


"Setidaknya, bila sudah ditolong, janganlah melupakan jasa," ungkap Sujiantoko kepada ratusan peserta Rihlah se Kecamatan Nalumsari. Menantu Kiai Mufid Muryolobo itu menjelaskan, selesainya Pemilu perlu ada pengawalan kebijakan wakil rakyat, utamanya mereka yang duduk di kursi DPR di semua tingkatan. 


"Yang sukses, berarti sudah sesuai dengan garis tangan. Yang belum sukses, berarti harus memperbanyak campur tangan (relasi sosial)," tandas Sujiantoko. 


Hadir dalam Rihlah ke-20 PC MDS Ansor Jepara antara lain, Ainul Mahfudh (Ketua PC GP. Ansor Jepara), KH. Fathurrahman (Syuriah PRNU Gemiring Kidul), KH. Amin Shodiq (Ketua Tanfidziyah PRNU Gemiring Kidul) dan beberapa pengurus PC Ansor lain serta ratusan kader Ansor se Kecamatan Nalumsari. [dutaislam.com/ab


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB