Iklan

Iklan

,

Iklan

Dua Ramalan Gus Dur yang Belum Menjadi Kenyataan di Tahun 2023

Duta Islam #05
19 Des 2023, 22:10 WIB Ter-Updated 2023-12-19T15:10:53Z
ramalan gus dur tentang prabowo presiden ri
Ramalan Gus Dur yang sudah terbukti nyata. Foto: istimewa.


Dutaislam.com - Sebelum wafat, Gus Dur memang sering mengucapkan sesuatu yang belum pernah terjadi. Tapi, banyak saksi yang mendengar Gus Dur sering mengeluarkan prediksi masa depan sebelum wafat. 


Berikut ini adalah beberapa ramalan atau prediksi Gus Dur, yang dihimpun redaksi Duta Islam dari kanal Youtube BEDA NGGAK?, yang sudah ditonyon hingga 5.1 juta kali view


  1. Skor 2-1 untuk Brazil melawan Skotlandia pada Piala Dunia 1998.
  2. "Pada bulan Oktober ini, saya akan jadi presiden". Begitu kata KH. Hasyim Asy'ari kepadanya, yang disampaikan saat mundur dari Ketua Fordem. Gus Dur pun dilantik sebagai Presiden RI ke-4 pada 22 Oktober 1999. 
  3. Soeharto nanti akan lengser. Demikian kata Gus Dur, 11 bulan sebelum Soeharto jatuh, seperti diucapkan KH. Bukhari (Mantan Ketua PWNU Jawa Tengah) dalam Haul Gus Dur tahun 2013. 
  4. Jokowi kelak akan jadi Presiden. Ini diucapkan Gus Dur saat Jokowi masih menjabat Walikota Solo. Tepatnya saat Gus Dur sedang ngobrol dengan Kiai Rifa'i bersama Jokowi. Akhirnya, Jokowi terbukti terbukti menjadi Presiden RI ke-7, yang menjabat sejak 2014. 
  5. Pada Muktamar ke-30 NU di Kediri, Gus Dur pernah berkata ke KH. Said Aqil Siraj: "Nanti sampeyan akan jadi Ketum PBNU setelah umur 55 tahun". Terbukti, Kiai Said terpilih sebagai Ketum PBNU di usia 56 tahun, lebih dari 55 tahun, persis ucapan Gus Dur. 
  6. Saat masih menjadi Ketum PBNU, Gus Dur pernah berkata bahwa: "Nanti akan datang masa, ada orang bukan keturunan pesantren dipanggil ustadz".
  7. Sutarman pun diramalkan Gus Dur akan menjadi Kapolri. Ini diucapkan saat Sutarman masih menjadi ajudan Gus Dur. Sutarman terbukti terpilih sebagai Kapolri ke-21 pada tahun 2013.  
  8. Ahok akan menjadi Presiden masa depan. Ini diucapkan Gus Dur pada tahun 2007. 
  9. Gus Dur pernah membubarkan Departemen Sosial (Depsos) karena dituduhnya sebagai sarang korupsi. Setelah diaktifkan lagi di zaman Presiden Megawati, Depsos malah menjadi Kementerian Sosial. Saat inilah ucapan Gus Dur kalau Depsos menjadi sarang korupsi. Buktinya, Juliari Batubara menjadi terdakwa korupsi di kementerian itu.
  10. Gus Dur sudah lama ingin membubarkan FPI, tapi tidak ada yang mendengarnya. Akhirnya, pada 30 Desember 2020, tepat saat Haul Gus Dur, FPI dibubarkan oleh pemerintah, sesuai keinginannya sejak dulu. Keinginannya terijabah oleh Allah Swt. 
  11. Gus Dur pernah meramalkan bahwa suatu saat nanti, Prabowo akan menjadi Presiden RI di usia yang tidak lagi muda. Hal ini pernah diungkap KH. Said Aqil Siroj pada tahun 2014. 


Dari sekian prediksi atau ramalan Gus Dur di atas, sebagian sudah terbukti dalam kenyataan. Hingga tahun 2023 ini, masih ada dua ramalan Gus Dur yang belum terjadi, yakni: 


  1. Ramalan Prabowo Subiato menjadi Presiden RI
  2. Ramalan Ahok menjadi Presiden RI


Apakah keduanya akan terealisasi? Wallahu a'lam. [dutaislam.com/ab]


Iklan