Uqudul Juman PDF - Kitab Dasar Ilmu Balaghah (Ma'ani dan Bayan)
Cari Berita

Advertisement

Uqudul Juman PDF - Kitab Dasar Ilmu Balaghah (Ma'ani dan Bayan)

Selasa, 08 Juni 2021
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
download uqudul juman pdf makna
Kitab Uqudul Juman PDF.


Dutaislam.com - Uqudul Juman adalah kitab khusus sastra Arab yang membincang tentang Ilmu Ma'ani dan Bayan, yang ditulis oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi. Ilmu yang disebut dengan Ilmu Balaghah ini harus dikuasai oleh siapapun yang hendak mengkaji sastra Arab. 


Dalam Syarah Nadham Uqudul Juman ini dijelaskan, sastra Arab sangat bermanfaat untuk mengetahui i'jazul qur'an (kemukjizatan Al-Qur'an), yang tanpa ilmu tersebut, kandungan Al-Qur'an tidak akan bisa digali lebih dalam. Bahkan, kamalul iman (kesempurnaan iman) atas Al-Qur'an tergantung pada penguasaan Ilmu Balaghah. (hlm: 3). 


Baca: Flashdisk Kitab Kuning PDF Ribuan Judul


Ilmu Ma'ani dan Bayan disebut sebagai Ilmu Balaghah (Puncak), karena ilmu ini secara bahasa bisa digunakan sebagai alat untuk memhami bentuk-bentuk kalam (ucapan) fasih sehingga sesuai -minimal mendekati- dengan maksud dan tujuan mutakallim (yang mengucapkan), dan sesuai dengan konteks historis kalam itu diucapkan. 


Makanya, setiap mufassir Al-Qur'an disyaratkan harus mengusai Ilmu Balaghah ini. Bahkan menjadi syarat mutlak seorang mujtahid (penggali hukum Islam). Tentu saja, untuk mempelajari Ilmu Balaghah ini harus sudah melampaui Ilmu Nahwu, Sharaf dan Manthiq. Semua ilmu bahasa Arab ini saling berhubungan. 


=====

JUDUL KITAB: Uqudul Juman

PENULIS: Imam Jalaluddin As-Suyuthi

PENERBIT: -

TEBAL: 196 halaman

SPACE: 19,2 MB

LINK DOWNLOAD PDF: Kitab Uqudul Juman

=====


Karena penjelasan dalam Kitab Uqudul Juman yang tidak jelimet dan tidak dipenuhi contoh-contoh rumit, banyak pesantren yang menjadikan kitab ini sebagai kitab induk sastra Arab, dimana kalangan kampus sastra Arab pun jarang menjadikan kitab ini sebagai kurikulum dasar. 


Silakan download Kitab Uqudul Juman PDF via link yang telah disediakan di tengah postingan ini. Semoga bermanfaat! [dutaislam.com/ab


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB