Perbedaan antara Fiqih dan Syariah (PDF Download)
Cari Berita

Advertisement

Perbedaan antara Fiqih dan Syariah (PDF Download)

Duta Islam #02
Rabu, 05 Agustus 2020
Jual Kaos Gus Baha

Buku Antara Fiqih dan Syariah

DutaIslam.Com - Selama ini kita seringkali bersinggungan dengan perkara agama yang menimbulkan perselisihan. Terkadang perbedaan prinsip atau pemahaman membuat sebagian orang dengan mudah menyalahkan orang lain yang -menurutnya- tidak sesuai syariat agama. Padahal fanatisme seperti itu sangat bisa disebabkan oleh keawaman orang tersebut mengenai fiqih dan syariat.

Kabar gembira, Sutomo telah menulis sebuah buku mengenai permasalahan tersebut yang diberinya judul Antara Fiqih dan Syariah. Buku ini dapat menjadi referensi penting untuk kita yang masih sulit memahami perbedaan antara fiqih dan syariah serta hubungan antara fiqih dan syariah.

Mengetahui definisi adalah landasan awal kita dalam memahami sesuatu. Begitupun mengenai fiqih dan syariah ini, Sutomo meletakkan pembahasan tentang definisi tersebut di bagian awal buku. Namun sebelum menuju definisinya, Sutomo terlebih dahulu menerangkan latar belakang penulisan buku ini.

Ia menunjukkan contoh dimana terjadi klaim kebenaran atas suatu produk fiqih yang kemudian menyulut api konflik di antara umat Islam. Dari contoh tersebut ia khawatir seseorang akan mendudukkan produk fiqih sama seperti wahyu. Karena itulah penting sekali mengetahui secara lebih runtut tentang fiqih dan syariah, definisinya, perbedaan antara keduanya, dan bagaimana sikap yang tepat terhadap keduanya.

=====
Judul Buku : Antara Fiqih dan Syariah
Penulis : Sutomo Abu Nashr
Penerbit : Rumah Fiqih Publishing
Tebal : 33 Hlm
Tahun : 2018
Link Download: Buku Antara Fiqih dan Syariah pdf
=====

Penjelasan menuju definisi fiqih dan syariah diawali dengan mengetahui fiqih di masa Nabi Saw.  Sebagai sebuah disiplin ilmu, memang fiqih sama sekali tidak dikenal di masa Nabi. Tapi sebagai sebuah realita sejarah, fiqih sudah lahir dan kemudian berkembang beriringan dengan turunnya wahyu dari Allah subhanahu wa ta’ala. (hlm. 11)

Secara terminologi, syariah bisa difahami sebagai agama Islam beserta semua ajaran-ajarannya yang Allah turunkan kepada kita melalui Nabi-Nya. Sedangkan fiqih adalah produk akal yang merupakan pemahaman para mujtahid yang aktivitasnya merupakan perintah syariah. Sehingga secara global fiqih merupakan bagian dari syariah.

Perbedaan antara fiqih dan syariah di antaranya yaitu: syariah tak akan pernah salah, sedangkan fiqih bisa saja salah. Kedua, syariah lebih umum dan luas daripada fiqih. Ketiga, syariah mengikat semua manusia, sedangkan fiqih tidak mengikat. Terakhir, syariah bersifat tetap dan tak berubah, sedangkan fiqih bisa berubah sesuai zaman, tempat, kondisi, dll.

Contoh paling mudah dari masalah fiqih dan syariah ini adalah mengenai ibadah shalat. Shalat lima waktu yang dihukumi wajib adalah syariah. Jumlah rakaat masing-masing shalat wajib juga syariah. Sedangkan untuk detail gerakan, bacaan, dan cara melakukannya terdapat perbedaan sesuai dengan madzhab tertentu. Inilah yang disebut wilayah fiqih.

Guna memahami lebih jelasnya Anda dapat langsung mengunduh buku ini melalui link yang kami sediakan. Buku ini kecil dengan jumlah halaman yang hanya 33 saja, sehingga tidak akan butuh waktu lama untuk menyelesaikannya.

Semoga buku ini memiliki fungsi pengenalan untuk mereka yang sama sekali belum pernah mengenal fiqih dan syariah. Dan bagi mereka yang sudah sedikit mengenal, maka buku ini cukup untuk membuka pandangan yang lebih luas dan lebih dari sekedar yang pernah diketahui. [dutaislam.com/umi/gg]

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB