Fiqih Shalat Menurut Dua Mazhab, Syafi’i dan Hanbali (Ebook PDF Download)
Cari Berita

Advertisement

Fiqih Shalat Menurut Dua Mazhab, Syafi’i dan Hanbali (Ebook PDF Download)

Duta Islam #02
Kamis, 30 Juli 2020
Jual Kaos Gus Baha

Buku 10 Persamaan & Perbedaan Antara Madzhab Syafi’iy dan Madzhab Hanbali Mengenai Tata Cara Shalat

DutaIslam.Com - Shalat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam yang disyariatkan oleh Allah Swt. Meskipun disepakati bersama bahwa shalat lima waktu adalah wajib, namun perbedaan pendapat mengenai tata cara pelaksanaan shalat tetap terjadi.

Dalam hal ini, ilmu fiqih untuk mengenal shalat empat madzhab memiliki pengaruh penting bagi seseorang memahami perbedaan tentang tata cara shalat. Buku karya Muhammad Ajib mencoba menelusuri persamaan dan perbedaan antara dua mazhab yaitu Syafi’I dan Hanbali.

Buku yang diberi judul 10 Persamaan & Perbedaan Antara Madzhab Syafi’iy dan Madzhab Hanbali Mengenai Tata Cara Shalat ini memuat empat bab, di antaranya: mengenal kitab fiqih kedua madzhab, mengenal ulama ahli fiqihnya, persamaan dan perbedaan tata cara shalat, dan komponen shalat.

Persamaan dan perbedaan tata cara shalat yang berjumlah sepuluh itu dijelaskan secara rinci dengan dicantumkan landasan dalilnya. Meskipun demikian penulis nampaknya tidak begitu perhatian dengan bab 1 dan 2 yang hanya menyebutkan nama kitab dan nama ulama masing-masing mazhab. Tidak ada keterangan apapun mengenai mereka.

======
Judul Buku: 10 Persamaan & Perbedaan Antara Madzhab Syafi’iy dan Madzhab Hanbali Mengenai Tata Cara Shalat
Penulis : Muhammad Ajib, Lc., MA.
Penerbit : Rumah Fiqih Publishing
Tebal : 118 hlm
Tahun : 2020
Link Download: Buku 10 Persamaan & Perbedaan Antara Madzhab Syafi’iy dan Madzhab Hanbali Mengenai Tata Cara Shalat pdf
======

Saya menduga karena tujuan utamanya adalah mempelajari masalah shalat maka bab 1 dan 2 sekedar menjadi informasi tambahan sehingga kita bisa mengenal dan barangkali tertarik untuk mencari tahu dan mengenalnya lebih jauh.

Salah satu persamaan yang dimiliki kedua mazhab dalam tata cara shalat adalah mendahulukan kedua lutut saat sujud. Kedua mazhab bersandar pada hadits yang sama yang berbunyi: saya melihat Nabi shallallahu alaihi wasallam jika hendak sujud beliau meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya. (hlm. 40)

Sedangkan salah satu perbedaannya adalah posisi letak kedua tangan. Menurut fiqih madzhab Syafi’iy disunnahkan meletakkan kedua tangan di atas pusar di bawah dada. Bukan dibawah pusar apa lagi diatas dada persis. Adapun menurut fiqih madzhab Hanbali disunnahkan meletakkan kedua tangan di bawah pusar. (hlm. 79)

Dua hal di atas dibahas secara detail oleh Muhammad Ajib berdasarkan sumber-sumber fiqih yang dimiliki oleh masing-masing mazhab. Tentu tidak mungkin saya tuliskan juga semuanya di sini. Karena itulah ebook PDF buku ini kami sediakan agar Anda semua dapat mengaksesnya langsung.

Adanya buku yang menjelaskan tentang persamaan dan perbedaan antara dua mazhab terutama dalam hal ibadah shalat tentunya patut kita apresiasi. Karena dengan mengetahuinya kita tidak akan mudah menyalahkan tata cara ibadah orang lain, yang mungkin saja berbeda mazhab dengan kita. Saling menghormati menjadi kunci ukhuwah agama kita. [dutaislam.com/umi/gg]

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB