Bagaimana Adab Murid terhadap Diri Sendiri dalam Mencari Ilmu? (Download PDF)
Cari Berita

Advertisement

Bagaimana Adab Murid terhadap Diri Sendiri dalam Mencari Ilmu? (Download PDF)

Duta Islam #02
Rabu, 08 Juli 2020
Jual Kaos Gus Baha

Buku Adab Murid terhadap Diri Sendiri

DutaIslam.Com - Hampir semua santri di pondok pesantren pastinya mengetahui kitab karangan Imam Badruddin Ibnu Jamaah Al-Kinani Asy-Syafi’i yang berjudul Tadzkirotus Saami’ Wal Mutakallim fii Adabil ‘Alim wal Muta’allim. Kitab ini telah dipelajari dan diajarkan di lembaga pondok pesantren sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu.

Demi memperluas jangkauan pembaca, kini kitab tersebut diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Syafri Muhammad Noor, Lc menjadi buku Adab Murid terhadap Diri Sendiri. Terjemahan itu terbagi ke dalam beberapa bab sesuai tema besarnya guna memudahkan pembaca untuk mempelajarinya.

Buku ini tidak hanya menyajikan terjemahan dalam Bahasa Indonesia tetapi juga mencantumkan tulisan arab dari kitab aslinya. Bagi yang pernah mempelajari kitabnya tentu tidak asing dengan isi buku ini.

Beberapa bab yang diangkat dalam buku ini di antaranya: penyucian hati dari sifat tercela, memperbaiki niat, memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, qanaah dan sabar, manajemen waktu, sedikit makan, bersikap wara’, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut sangatlah penting dipelajari guna membangun sikap dan adab yang dapat mempermudah kita dalam menyerap ilmu pengetahuan yang sedang kita dalami. Misalnya tentang pentingnya membersihkan hati dari sifat tercela. Ini merupakan hal utama yang perlu diperhatikan oleh seorang pencari ilmu.

====
Judul Buku : Adab Murid Terhadap Diri Sendiri
Kitab Asli : Tadzkirotus Saami’ Wal Mutakallim fii Adabil ‘Alim wal Muta’allim
Pengarang : Imam Badruddin Ibnu Jamaah Al-Kinani Asy-Syafi’i
Penerjemah : Syafri Muhammad Noor, Lc
Penerbit : Rumah Fiqih Publishing
Tebal : 43 hlm
Tahun : 2020
Link Download: Buku Adab Murid Terhadap Diri Sendiri
====

Hendaknya membersihkan hati dari segala perbuatan curang, kotor, benci, dengki, akidah yang buruk dan perangai (budi pekerti) yang tidak baik; hal itu dilakukan untuk memperbaiki dalam menerima ilmu, menjaganya serta mengulas makna-maknanya secara detail dan hakikat-hakikatnya yang samar. (hlm. 7)

Kemudian juga ada anjuran untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, terutama ketika usia masih muda. Hendaknya menggunakan masa muda dan waktu-waktu dalam hidupnya untuk menimba ilmu, tidak tertipu oleh gemerlap dunia dan angan-angan, karena setiap waktu yang berlalu dari kehidupannya itu tidak ada gantinya. (hlm. 13)

Dan masih banyak lagi nasihat dan anjuran yang patut diketahui dalam usaha mencari ilmu. Untuk mempelajarinya Anda dapat mendownload langsung buku Adab Murid Terhadap Diri Sendiri PDF ini melalui link yang telah disediakan. Terutama bagi Anda yang tidak mengerti tulisan Arab dalam kitab aslinya, kehadiran buku ini tentunya akan sangat membantu Anda. [dutaislam.com/umi/gg]

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB