Al-Wujuh wa An-Nazhair dalam Al-Qur’an (PDF Download)
Cari Berita

Advertisement

Al-Wujuh wa An-Nazhair dalam Al-Qur’an (PDF Download)

Duta Islam #02
Sabtu, 18 Juli 2020

Buku Al-Wujuh wa An-Nazhair dalam Al-Qur’an
DutaIslam.Com - Barangkali pernah atau bahkan sering kita menjumpai kata yang sama di dalam al-Qur’an namun memiliki perbedaan arti dan makna. Dan sebaliknya pula, kata-kata yang berbeda tetapi mempunyai maksud yang sama. Ilmu yang mempelajari itu disebut al-Wujuh wa An-Nazhair.

Buku Al-Wujuh wa An-Nazhair dalam Al-Qur’an (Satu Kata Banyak Makna, Satu Makna Banyak Kata) karya Ahmad Sarwat, Lc. MA merupakan sebuah buku yang cukup menjelaskan mengenai salah satu cabang ilmu al-Qur’an ini.

Al-Wujuh adalah bentuk jamak dari wajh yang bisa berarti wajah atau sesuatu yang menjadi tujuan atau yang dimaksudkan. Wujuh di sini maksudnya adalah satu kata namun punya banyak makna. (Hlm. 12)

Sedangkan Nazhair adalah bentuk jamak dari nazhirah yang menurut Ibnu Al-Manzhur maknanya adalah kesamaan dan keserupaan dalam bentuk, perilaku, perbuatan, dan perkataan. Sedangkan dalam Ilmu Al-Qur’an, az-Zarkasyi menyebutkan definisinya adalah sebagai lafadz-lafadz yang saling serupa. (Hlm. 13)

Dalam menafsirkan dan memahami isi kandungan al-Qur’an, ilmu ini sangat penting sebab ilmu ini menjelaskan makna yang tepat pada lafadz-lafadz yang beragam maknanya. Sehingga tidak menyisakan ruang untuk menyimpangkan makna al-Qur’an kepada bid’ah melalui takwil yang batil pada al-Qur’an.

=====
Judul Buku : Al-Wujuh wa An-Nazhair dalam Al-Qur’an (Satu Kata Banyak Makna, Satu Makna Banyak Kata)
Penulis : Ahmad Sarwat, Lc. MA
Penerbit : Rumah Fiqih Publishing
Tebal : 36 Hlm
Tahun : 2019
Link Download : Buku al-Wujuh wa An-Nazhair dalam Al-Qur’an
=====

Sebagai contoh adalah kata shalat. Sebagai al-Wujuh (satu kata banyak makna) kata shalat di dalam al-Qur’an bisa berarti shalat fardhu lima waktu, shalat jum’at, shalat jenazah, memberi keberkahan dan rahmat, memintakan ampun, membaca shalawat, mendoakan, membaca al-Qur’an, tempat ibadah orang Yahudi atau Nasrani, dan masjid.

Sementara sebagai an-Nazhair (satu makna diungkap berbagai istilah), istilah shalat sebagai ibadah disebutkan dengan ungkapan atau istilah lain. Di antaranya seperti qiyam, zikir, istighfar, ruku’, sujud, iman, al-Qur’an, qunut, dan hasanat.

Untuk mengetahui bagaimana penjelasan dari masing-masing istilah tersebut Anda dapat membaca buku ini di halaman 17 sampai 27. Selain term shalat Anda juga dapat menemukan istilah lain dalam kajian al-Wujuh wa an-Nazhair. Di antaranya yaitu seperti zakat, zikir, doa, fitnah, ruh, rahmat dan qadha’.

Selain menyajikan beberapa contoh kata al-Wujuh wa an-Nazhair buku ini juga menunjukkan beberapa karya para ulama yang telah membahas kajian ini, baik dari ulama klasik maupun kontemporer. Dengan demikian Anda juga dapat merujuk kepada kitab-kitab karya para ulama tersebut untuk mendalami ilmu tentang al-Wujuh wa an-Nazhair ini.

Buku ini tidak terlalu tebal sehingga tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. Apalagi ditulis menggunakan Bahasa Indonesia, tentunya mudah dibaca dan dipahami. Silahkan download buku PDFnya melalui link yang tersedia. [dutaislam.com/umi/gg]

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB