Persiapan Ramadhan 2020, RMI NU Jateng Dorong Pesantren Aktif di Dunia Maya
Cari Berita

Advertisement

Persiapan Ramadhan 2020, RMI NU Jateng Dorong Pesantren Aktif di Dunia Maya

Duta Islam #02
Sabtu, 18 April 2020
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Pengurus RMI Jateng sedang rapat online, Rabu (15/4/2020).

DutaIslam.Com - Rabithah Ma’ahid Islamiah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (RMI PWNU) Jawa Tengah menggelar rapat rutin Reboan. Kali ini rapat digelar menggunakan bantuan aplikasi rapat daring untuk menjembatani tak bisa bertatap muka secara langsung. Dalam menghadapi Ramadhan kali ini berbeda dengan yang kemarin. Sikap kelembagaan atas pandemi yang sekarang ini sedang terjadi di negeri ini.

Hasil rapat menyatakan bahwa RMI PWNU Jateng tidak akan mengeluarkan edaran terkait kegiatan Ramadhan. Karena PBNU telah mengeluarkan intruksi bernomor 3952/c.I/03 2020 pada 25 Maret kemarin. Tentu hal ini sudah maklum dibandingkan dengan awal kemarin mulai terjadi pandemi. Intruksi ini sudah menjadi acuan yang kuat untuk menjadi panduan bagi pesantren.

“Sekarang pesantren sudah pinter-pinter, untuk menyikapi situasi dan kondisi seperti sekarang ini,” terang KH. Nur Machin, Kamis (16/4/2020).

Pengasuh API Tegalrejo ini juga mengingatkan kepada pengurus, pesantren serta santri untuk terus melangitkan doa. Banyak doa yang sudah diijazahkan dari masyayikh-masyayikh, terutama yang sudah diijazahkan dari masing-masing pesantren. Agar pandemi yang sedang menyelimuti Nusantara segera sirna. Tentu setelah kita melakukan ikhtiar.

Selain itu, terdapat agenda rutin pengumpulan masa yaitu Naharul Ijtima’ yang ‎menurut jadwal pelaksanaan pada Syawwal besok di Ex Karisidenan Pati. Harus segera dimusyawarahkan ‎kembali dengan panitia lokal juga tetap melihat situasi perkembangan Covid-19.

"Tentu rapat akan menggunakan ‎aplikasi rapat daring mengingat keadaan masih seperti ini," jelas Gus Mahin.

Sejatinya pengurus RMI PWNU Jateng “dipaksa” untuk mengikuti zaman. Rapat model ini, tak meninggalkan joke segar khas pesantren. Tak terasa rapat yang mulai 20.00 sampai 23.00 membahas arah laju organisasi dapat dinikmati dengan berbagai cara, bisa sambil ngopi dan makan. KH. Abu Choir selaku sekretaris pun tak canggung untuk menjadi moderator seperti rapat offline.

Seperti halnya tahun kemarin, RMI PWNU Jateng bekerjasama denga Koran Cetak Tribun Jateng dalam halaman Happy Ramadhan 2020. Rubrik Halaqah akan berisikan tanya jawab tentang seluk beluk bulan puasa kali ini. Secara teknis nanti pertanyaan bisa diajukan melalui pengumuman dalam halaman Happy Ramadhan.

KH. Abu Choir juga memberikan pengarahan perkembangan kerjasama yang terkendala adanya pandemi. Semoga kerjasama yang terjalin dengan Pertamina, IDN dan yang lainnya bisa ada terobosan-terobosan agar bisa disosialisasikan kepada pesantren.

Dengan adanya pandemi Covid 19 ini, RMI PWNU Jateng mendorong pesantren untuk aktif di dunia maya. "Penguatan pengajian (bisa kilatan) selama Ramadhan kemudian diunggah di sosial media untuk terus bisa menjangkau santri-santri yang sedang berada di rumah," ujar Gus Abu. [dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB