Big Bos ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Tewas Ledakkan Diri dengan Bom
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Big Bos ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Tewas Ledakkan Diri dengan Bom

Duta Islam #03
Senin, 28 Oktober 2019
Loading...

Pimpinan ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Pemimpin tertinggi ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dilaporkan tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Amerika Serikat di barat laut Suriah, Sabtu (26/10/2019). Seorang pejabat senior pertahanan AS menduga Big Bos ISIS tersebut meledakkan diri menggunakan rompi yang sudah dipasangi bom saat serangan berlangsung.

Untuk memastikan identitas apakah benar Baghdadi yang tewas, NNIndonesia melaporkan, saat ini tengah dilakukan tes DNA dan biometrik.

Dilansir dari Tempo.co, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan kematian Abu Bakr al Baghdadi bersama dua istri dan milisi ISIS lain. Trump mengatakan bahwa Al Baghdadi meledakkan diri ketika terpojok oleh pasukan AS dalam serangan dua jam malam hari di persembunyiannya, di Suriah Utara.

"Tadi malam adalah malam yang hebat bagi Amerika Serikat dan bagi dunia. Seorang pembunuh brutal, yang telah menyebabkan begitu banyak kesulitan dan kematian, telah dimusnahkan," kata Trump dikutip dari CNN, 28 Oktober 2019.

Kematian Al Baghdadi menandai akhir dari perburuan selama bertahun-tahun terhadap salah satu teroris paling dicari di dunia ini. Sejak ISIS didirikan Al Baghdadi 2014 lalu di Suriah dan Irak, ISIS menyebar ke banyak belahan negara, termasuk Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme menyatakan awalnya paham ini masuk melalui jaringan internet berupa berita, artikel, hingga video.

Tempo.co juga melaporkan analisa pengamat terorisme Al Chaidar yang menyatakan bahwa paham ISIS disebarkan orang Indonesia yang pernah bergabung ke ISIS di Suriah dan Irak. Pada 2013 lalu, diduga telah ada 56 orang Indonesia dari berbagai macam organisasi Islam dan kelompok pedagang berangkat ke Irak untuk bergabung dengan ISIS.

Mereka bergabung saat pergi ke Arab Saudi untuk ibadah haji atau umrah. Dari jumlah tersebut, sekitar 16 orang telah kembali ke Tanah Air dan melanjutkan proses perekrutan di daerah masing-masing.

Salah satu orang yang paling getol menyebarkan paham ISIS di Indonesia ialah Aman Abdurrahman alias Oman Rochman. Pada awal Januari 2014, Aman berbaiat kepada ISIS dan memerintahkan pengiriman pengikutnya ke sana.

Pada Juli 2014, pemimpin Jamaah Ansharut Tauhid, Abu Bakar Ba’asyir, yang saat itu satu penjara dengan Aman, berbaiat kepada ISIS. Foto Ba’asyir bersama 13 penghuni penjara tengah dibaiat menyebar ke dunia maya. Ba’asyir bergabung dengan ISIS karena pengaruh Aman.

Pada Februari 2015, di balik tembok penjara, Aman menginstruksikan semua kelompok pendukung ISIS Indonesia melebur menjadi satu dalam kelompok Ansharut Daulah Indonesia atau kemudian dikenal dengan Jamaah Ansharut Daulah.

Aman telah divonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2018 karena memerintahkan sejumlah aksi teror di Indonesia. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Diolah dari CNNIndonesia dan Tempo.co.


close
Banner iklan disini