Sejarah Tulisan Darkah (Ya Ahlal Madinah Ya Tarim Wa Ahlaha)
Cari Berita

Advertisement

Sejarah Tulisan Darkah (Ya Ahlal Madinah Ya Tarim Wa Ahlaha)

Duta Islam #07
Senin, 05 Agustus 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Arti tulisan darkah
Arti tulisan darkah. Foto: istimewa
Siapa sangka jika penyusun dari lambang Darkah ini berasal dari kota Malang, Jawa Timur.
Beliau adalah Al-Habib Abu Bakar bin Abdurrahman Al-Haddad.

DutaIslam.Com - Lambang Huruf ‘ح’ di tengah dengan ukuran yang cukup besar, kemudian di atasnya bertuliskan "Darkah ya Ahlal Madinah" sedang di bawahnya tertulis "Ya Tarim Wa Ahlaha", di samping kanannya bertuliskan lafdzul Jalalah yang berbunyi “Yaa Fattah” dan di samping kirinya “Yaa Rozzaq”, sedangkan di atas huruf ‘ح’ bertuliskan angka 1030 dan di tengah huruf ‘ح’ bertuliskan angka 110 seperti keterangan gambar, merupakan hasil karya beliau yang terinspirasi dari beberapa kisah sohibul maulid Simtud Dhurror.

Beliau yang lulusan dari Pondok Pesantren Darut Tauhid ini berinisiatif membuat lambang Darkah berawal dari kisah Al-Imam Al-Habib Ali Al-Habsyi (Sohibul Maulid, pengarang Simtud Dhurar).
Pada awalnya beliau Al-Imam Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi membuat tanda untuk setiap kiriman dengan memakai angka 110, disebabkan karena saat itu beliau, Habib Ali al Habsyi, sering kali mendapatkan kiriman-kiriman dari luar negeri, dan kiriman tersebut seringkali tidak sampai kepada beliau.

Kemudian petugas pengirim surat (pak posnya) meminta untuk membuat tanda, agar setiap ada kiriman barang atau surat tidak hilang kirimannya. Kemudian beliau membuat 'ح’ disertai dengan huruf 110. 110 itu sendiri merupakan jumlah bobot nilai huruf hijaiyyah yang merangkai kata ‘Ali’ dalam kitab Aqidatul Awwam (pada halaman terakhir ada rumusannya).
Sedangkan gabungan 110 dan 'ح’ itu ada sekitar tahun 1980-an, atas inisiatif dari Habib Ali bin Muhammad Al-Haddad dan Habib Segaf bin Muhammad Ba’agil.

Baca: Khasiat Hebat Wirid Ratib Al Haddad

Adapun penulisan kalimat "Darkah ya Ahlal Madinah" adalah inisiatif dari Habib Abu Bakar sendiri, yang diambil dari qosidah Habib Muhammad bin Idrus, yang banyak berisi tentang tawasul-tawasul dengan Ahlul Madinah (Rasulullah SAW beserta keluarganya dan sahabatnya). Termasuk juga kalimat "Yaa Tarim Wa Ahlaha", yang merupakan tawassul kepada para shalihin dan lebih dari 10 ribu wali yang dimakamkan di pemakaman Zanbal, Fureidh, dan Akdar. Pekuburan Zanbal adalah pekuburan para wali dan sholihin, juga di pekuburan Zanbal terdapat Ashhabul Badr utusan Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq Ra yang wafat di sana.

Penerapan lambang Darkah ini pada awalnya dulu bukan berbentuk bulat dan bertuliskan kalimat tawasul tadi, melainkan hanya berupa lambang 'ح’ huruf 110 dan 1030 saja. Kemudian berkat saran dari paman beliau yang bernama Habib Abdul Qodir bin Husain Al-Haddad, maka lambang tersebut ditambahlah dengan wiridannya dari abahnya Habib Husain, yaitu Yaa Fattah Yaa Rozzaq, dengan niatan supaya dapat fadlilah wiridannya Habib Husain bin Muhammad Al-Haddad.

Arti Tulisan Darkah


Siapa sangka bahwa logo yang sudah dikenal di seluruh dunia, baik di kalangan habaib maupun muhibbin ini sudah menyebar ke berbagai negara, seperti Yaman, Malaysia, Singapore, Abu Dabi, Kuwait, dll.

Setelah berjalan lama, lambang ini sempat nyaris hilang. Dan kini lambang atau ism ini sering dijumpai di berbagai majelis-majelis ta’lim atau maulid. Ada yang menggunakan logo ini di spanduk, umbul-umbul, bendera, jaket, dll, atau dalam bentuk stiker, sampai mobil-mobil di kaca belakangnya ditempel stiker lambang ini.

Lambang yang sebenarnya adalah merupakan suatu Ajimat (Ruqyat) bukan logo suatu organisasi tertentu, yang apabila dikaji di kitab-kitab, maka lambang ini tidak akan diketemukan di kitab manapun, karena lambang ini ada karena Habib Abu bakar bin Abdurrahman al-Haddad menyusunya digunakan untuk tafa’ul-an (mengharap berkah).

Adapun hitungan 1030 itu berasal dari hitungan kalimat “Amanatullah wa Rosuluh wal Abdullah al Haddad” yang ditujukan kepada Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad, dimana hitungan ism tersebut merupakan inisiatif dari para ulama’ kota Tarim Yaman.

Baca: Kerancuan Kalangan Anti Tabarruk

Sesuai faham Ahlussunnah wal Jama’ah, ‘azimat (Ruqyat) dengan huruf arab merupakan hal yang diperbolehkan, selama itu tidak menduakan Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan bahwa azimat dengan tulisan ayat atau doa disebutkan pada Kitab Faidhul Qadir Juz 3 halaman 192, dan Tafsir Imam Qurthubi Juz 10 halaman 316-317 dan masih banyak lagi penjelasan para Muhadditsin mengenai diperbolehkannya hal tersebut, karena itu semata-mata adalah bertabarruk (mengambil berkah) dari ayat-ayat Al-Qur’an dan kalimat-kalimat mulia lainnya. [dutaislam/ka]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB