Sayyid Alawi al-Maliky: 3 Fadhilah Didalam Maulid Nabi SAW
Cari Berita

Advertisement

Sayyid Alawi al-Maliky: 3 Fadhilah Didalam Maulid Nabi SAW

Duta Islam #07
Jumat, 16 Agustus 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Fadhilah maulid nabi saw
Fadhilah maulid nabi saw. Foto: istimewa
DutaIslam.Com - Selamat Datang Bulan "Maulid Nabi SAW", Bulan dimana rahmat cinta di taburkan, dendam dan kebencian disisihkan. Isi di dalam maulid setidak nya ada (3) kesimpulan.

أولا (١): أنه يحتوي على ذكر اسمه عليه الصلاة والسلام ونسبه وكيفية ولادته وما وقع فيها من الآيات وكيفية نشاته وما وقع له من الرحلة للتجارة والإرهاصات الغريبة والأحوال العجيبة وذكر مبدأ بعثته وما لاقاه من الأذى والمحنة في سبيل نشر الدعوة وتبليغ القرءان وذكر هجرته وما وقع له من الغزوات والمواقف والأحوال وذكر وفاته وهل يشك الناظر في ذلك أن سيرة سيد الخلق وسيلة لكمال محبته وواسطة لتمام معرفته.

1- Bahwa Maulid Nabi dituturkan nama, nasab dan proses kelahiran Rasulullah yang penuh dengan tanda-tanda keagungan, sampai tumbuh menjadi dewasa. berdagang, dan segala keanehan-keanehan  yang menakjubkan yang meliputinya, di tuturkan pula awal diangkatnya. Sebagai Nabi dan segala uji dan cobaan yang diterima dalam dakwah, menyampaikan Al-Quran, Hijrah, peperangan yang dilalui, serta visi dan misi selama menjadi Nabi, sampai wafat-Nya,
" Tak kan ada ragu bila memperhatikan sejarah hidup beliau akan terus bertambah kesempurnaan cinta, dan semakin tahu siapa sosok Nabi yang sebenarnya "

Baca: Ini Akhir Perdebatan Maulid Nabi Bid'ah

الثاني (٢): أن المولد سبب للصلاة والسلام على النبي صلى الله عليه وسلم المطلوب منا بقوله تعالى: {يا أَيّها الذِينَ ءامنوا صَلّوا علَيْهِ وسَلّموا تسْليمًا} وكم للصلاة عليه من فوائد.

2 - Bahwa Maulid akan menjadi sebab untuk terus bershalawat pada Rasulullah SAW sebagaimana perintah Allah dalam Al-Qur'an, dan Shalawat sendiri begitu banyak faedahnya.

الثالث (٣): أنه يحتوي على ذكر أخلاقه الشريفة وسنته الجليلة وءادابه التي أدّبه بها ربه تبارك وتعالى وفي ذلك حث على متابعته وحض على اقتفاء ءاثاره والسير على منهجه والتأسي بآدابه هذا وقد اكتسب العلماء الدعاة إلى الله تعالى في البلاد الحضرمية فرصة اجتماع العامة في مجلس المولد الشريف فقاموا بمذاكرتهم وجعلوا ذلك وسيلة لإرشادهم وفي ذلك نفع عميم وإرشاد للصراط المستقيم.
قاله السيد علوي المالكي (المتوفى سنة 1391 هـ) في مجموع فتاويه ورسائله.

Fadhilah Maulid Nabi SAW


3- Bahwa Maulid akan diperdengarkan akhlak-akhlak beliau yang mulia, tradisi beliau yang agung, tata krama beliau yang dididik langsung oleh Allah SWT, semua itu sebagai pendorong untuk diteladani dan diikuti, penyemangat untuk menetapi di jalan-Nya. Penghibur hati akan tata-krama Nya. " Karna nya tradisi para Da'i di Hadromauth untuk berkumpul bersama mengadakan Maulid, bergantian membaca sejarah Nabi, dan bahkan amaliah ini dijadikan alat dakwah untuk menunjukkan jalan terang, tentu manfaatnya luas dalam menghantar ummat pada jalan yang benar.. "

Baca: Maulid, Faedah Shalawat Ini Sembuhkan Kangker

Demikian ketiga fadhilah didalam maulid Nabi SAW, yang terkandung sebuah makna perdamaian dalam melantunkan shalawat kepada Rasulullah SAW. [dutaislam/ka]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB