Mahfud MD Kritik Ide NKRI Bersyariah di Ultah 75 Tahun Gus Mus
Cari Berita

Advertisement

Mahfud MD Kritik Ide NKRI Bersyariah di Ultah 75 Tahun Gus Mus

Duta Islam #03
Kamis, 15 Agustus 2019

Mahfud MD hadiri perayaan ulang tahun Gus Mus ke-75 di Klenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, Rabu (14/08/2019) malam. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menolak sekaligus mengkritik gagasan NKRI Bersyariah yang digaungkan para ulama GNPF dalam Ijtima Ulama 4 di Bogor beberapa waktu lalu. Bagi Mahfud, NKRI bersyariah tidak perlu karena NKRI esensinya sudah bersyariah.

"Bersyariah itu artinya hidup dalam kebersamaan, di dalam kesetaraan dan saling menghargai, tidak ada diskriminasi. Jadi NKRI sudah seperti bersyariah. Tidak harus diucapkan," kata Mahfud saat memberikan pandangan dalam acara perayaan ulang tahun Gus Mus ke-75 di Komplek Klenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, Rabu (14/08/2019) malam.

Menurut Mahfud, orang yang masih ingin NKRI Bersyariah sama halnya dengan mengucapkan "kami menjual ikan" di pasar ikan. Menurut Mahfud hal itu tidak perlu karena orang pasti sudah tahu kalau di pasar ikan orang akan menjual ikan.

"Sama di Indonesia ini, jiwa syariat sudah di mana-mana, kemashlahatan bagi masyarakat, kebersamaan, kejujuran, penegakan hukum, demokrasi, pemimpin yang amanah itu adalah jiwa syariah. Dan itu juga yang diidam-idamkan ulama yang sejak dulu ikut mendirikan NKRI tanpa secara formal mengatakan 'mari hidup bersyariah'. Ya memang begitu cara hidup kita yang baik. Tidak usah dikatakan karena memang itulah Indonesia," papar Mahfud.

Mahfud MD menegaskan makna ukhwah islamiah yang selama ini terkadang disalahartikan. Menurutnya ukhuwah islamiah adalah persaudaraan berdasarkan nafas Islam tanpa melihat dari sisi agama. Dalam proses penegakan hukum,  orang tidak perlu lagi ditanya lagi agamanya apa karena tujuannya kebaikan bersama.

"Kadang kala ukhuwah Islamiah itu disalahartikan. Satu gerakan persekongkolan kelompok yang sama-sama Islam dan mendiksriminasi orang lain. Ukhuwah Islamiaah itu persaudaraan yang islami. Kalau persekongkolan antar sesama islam itu nama Ukhuwah Bainal Muslimin," tutur Mahfud.

Mahfud MD menegaskan bahwa ukhuwah islamiah telah dicontohkan para tokoh-tokoh bangsa yang satu diantaranya dicontohkan oleh Gus Mus.

"Ukhuwah islamiah itu persaudaraan berdasarkan nafas Islam. Tidak atanya apa agamnya. Semua sama, berbuat baik untuk sesama. Itulah yang kita lakukan atau yang harus kita lakukan. Dan itu antara lain telah dicontohkan oleh Gus Mus," jelas Mahfud MD.

Perayaan ulang tahun Gus Mus dihadiri ribuan orang, mulai masyarakat biasa hingga tokoh dan para seniman. Di antaranya Menteri Susi, Mahfud MD, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Istri Almarhum Gus Dur Sinta Nuriyah Wahid, Prie GS, Sujiwo Tedjo, Butet Kertaradjasa dan tokoh penting lainnya juga hadir. Selain itu, ada 30 pelukis yang melukis di kanvas dengan berbagai tema. [dutaislam.com/pin]


close
Banner iklan disini