Adab Berbuka Puasa yang Dilakukan Kiai Syamsul Arifin Sitobondo
Cari Berita

Advertisement

Adab Berbuka Puasa yang Dilakukan Kiai Syamsul Arifin Sitobondo

Duta Islam #02
Minggu, 12 Mei 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
KH Syamsul Arifin, Sukorejo, Situbondo. (Foto: istimewa)
DutaIslam.Com - Raden Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan Kiai Syamsul Arifin adalah pendiri pesantren Sukorejo atau Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo.

Beliau merupakan sosok abdi ilmu yang tak kenal lelah. Dimanapun beliau tinggal di situlah beliau mendermakan ilmunya bagi siapa saja yang memerlukan.

Salah satu amaliah beliau ketika berbuka puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah, dan bila tiba waktu berbuka yang ditandai dengan bunyi bedug dan kumandang adzan, beliau tidak serta-merta langsung menyantap hidangan yang telah disiapkan.

Beliau dengan sabar menunggu hingga kumandang adzan selesai, sebagai bentuk penghormatan dan menjawab setiap kalimat panggilan shalat tersebut.

Setelah adzan selesai, barulah beliau mencicipi sedikit makanan dan minum. Setelah itu beliau bergegas untuk melaksanakan ibadah shalat Maghrib. Setelah shalat Maghrib, baru beliau melanjutkan berbuka puasanya.

Demikian, diceritakan Ainun Najib dalam buku "Pengembaraan Terakhir; Sejarah dan Perjuangan KHR. Syamsul Arifin." [dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB