Jumat, 09 November 2018

Soeharto Memang PKI, Soebandrio: Saya Tahu Itu

Soeharto memang PKI
DutaIslam.Com - Ada komentar mengejutkan dari (alm) dr. Soebandrio tentang Soeharto yang menurutnya terkait dengan Partai Komunis Indoensia (PKI) saat meletus tragedi 1965. Terbalik dari pemahaman umum.

Dalam sebuah wawancara ekslusif pada 30 September 1998, politikus Indonesia yang sangat berpengaruh pada masa pemerintahan Presiden Soekarno itu mengatakan posisi Soeharto harusnya bisa menyelamatkan para jenderal saat tragedi 1965 berlangsung. Tapi tidak dia lakukan.

"Dia (Soeharto, red) kan sudah tahu kalau peristiwa itu akan muncul melalui laporan pembantunya, dan juga dari Kol. Latief. Kenapa dia tidak melapor ke atasannya atau melakukan penyelamatan para jenderal?" terang Soebandrio.

Lebih jauh, Soebandrio juga mengatakan secara terbuka kalau Soeharto terlibat dalam tragedi PKI pada tahun 1965. "Soeharto memang PKI. Saya tahu itu," tegasnya.

"Kedekatan Soeharto dengan dengan Letkol Untung, Kamaruzzaman alias Sjam atau Aidit itu, urusannya apa kalau dia nggak punya kepentingan? Saya kira dia punya rencana khusus di sana. Dia bermain," lanjut Soebandrio, yang juga pernah menjadi Duta Besar Republik Indonesia di London, Britania Raya, pada tahun 1950-1954. 

Sobandrio juga sempat menjelaskan, ketika peristiwa Madiun dan ketika Soeharto bertugas di Yogyakarta, saya lihat dia banyak berhubungan dengan Letkol Untung, Sjam dan D.N Aidit yang notabene PKI.

"Lalu, apa yang sebenarnya dilakukan Soeharto saat meletus peristiwa G30S?" tandasnya.

Dia dekat dengan beberapa orang penting PK, imbuh Sobandrio, tetapi dia menyalahkan PKI ketika itu. Kalau dia tidak punya hubungan dengan PKI, mestinya dia menjadi target penculikan, "karena dia jenderal dengan posisi penting," pungkasnya. [dutaislam.com/ab

Keterangan:
Sumber wawancara, silakan cek ke SINI

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini