Viral Foto Shalat di Gereja Banyak Dipelintir, Ini Klarifikasi dari IPNU Batam
Cari Berita

Advertisement

Viral Foto Shalat di Gereja Banyak Dipelintir, Ini Klarifikasi dari IPNU Batam

Duta Islam #03
Kamis, 28 Juni 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Sejumlah pemuda shalat di tempat mirip gereja. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com – Beberapa foto sejumlah pemuda shalat di gereja viral di media sosial dan menjadi bahan ejekan sejumlah pihak. Serangan dilancarkan kepada NU karena dalam foto tersebut terlihat logo NU pada jaket yang dikenakan pemuda tersebut.

Berikut ini adalah klarifikasi dari Shon Haji Zuhri, salah satu kader NU yang mengetahui secara langsung kebenaran foto tersebut:

Foto-foto yang beredar mengenai orang-orang yang sedang melaksanakan kewajiban sholat (maghrib) dan saat ini viral itu bukan editan, tapi banyak #pelintiran (dikatakan sholat di gereja), karena saya (ShonHaji) salah seorang yang ada di dalamnya.

PAC. IPNU/IPPNU Kecamatan Sagulung Kota Batam di Undang untuk mengisi acara Pentas Seni di Jambore Pelajar Katholik yang diadakan di Yayasan Tunas Karya (SD KATHOLIK St. Ignasius Loyola /Sekolah Berasrama) Rempang Galang.

Kronologi Kejadian: 
Kita harus mulai dari tema. Tema Jambore MBPA diambil juga dari Tema Jambore Nasional yang mengangkat isu tentang Kebhinnekaan. Sebelum hari H ada masa Pra Jambore yaitu animasi modul-modul yang mengarah pada tema termasuk Modul Kebhinnekaan. Pada modul ini Pelajar Remaja belajar bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar terdiri dari beragai suku, bahasa, budaya dan Agama. Oleh karena itu membutuhkan sikap saling menghormati dan menghargai berbagai keragaman tadi yang dimulai dan ditumbuhkan sejak usia dini.

Jambore tersebut dilaksanakan pada tanggal 22-24 Juni 2018, dimana Kepanitiaan mengundang Pelajar NU untuk menampilkan Kesenian yang bertemakan kebangsaan dan keberagaman yang dijadwalkan pada tanggal 23 Juni 2018 dimulai pukul 20.00 WIB.

Pada saat rombongan Adik-adik IPNU/IPPNU dikawal beberapa anggota Banser sampai lokasi acara ternyata sudah masuk waktu sholat maghrib dan akhirnya rombongan melakukan sholat maghrib berjamaah di sebuah gedung yg ada salibnya. Saat ini kejadian tersebut sudah mulai viral karena foto-fotonya di share di medsos.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah:

"Kenapa sholat di tempat ibadah agama lain? apakah dalam keadaan darurat?".

Jawaban dari pertanyaan itu adalah sebagai berikut:

1. Gedung itu bukan tempat ibadah/gereja, melainkan asrama/aula yang lokasinya terpisah dari Gereja dan steril dari hewan yang dalam hukum Islam dihukumi Najis Mugholadhoh.

2. Kami sudah berusaha mencari Masjid/Mushalla terdekat, namun jika kami sampai ke Masjid terdekat dengan jarak yang jauh dan harus kami tempuh dengan jalan kaki (karena begitu sampai lokasi, mobil yang mengantar kami langsung meninggalkan lokasi dan kembali ke lokasi pada jam 22.00WIB). Maka kami meyakini jika kami memaksakan diri harus melaksanakan sholat maghrib di Masjid terdekat maka waktu sholat (maghrib) akan habis.

Sementara itu kami tidak mungkin juga melaksanakan shalat di lapangan yang ada di lokasi karena keadaan cuaca (gerimis) dan lapangannya becek akibat guyuran air hujan selama 2 hari.

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga dengan alasan yang kami kemukakan bisa dipahami dan menjadikan maklum serta bisa mendinginkan suasana. Terimakasih. [dutaislam.com/pin]

source: FB Shonhaji Zuhri

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB