Tanggapi Kunjungan Gus Yahya ke Israel, PBNU Tegaskan Berpihak pada Palestina

Tanggapi Kunjungan Gus Yahya ke Israel, PBNU Tegaskan Berpihak pada Palestina

Selasa, 12 Juni 2018 | x dibaca
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. (Foto: Istimewa)
DutaIslam.Com - Menanggapi kunjungan KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) ke Israel dalam seminar America Jewish Commitee (AJC) Global Forum di Yerusalem, Ahad (10/06/2018), Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan bahwa kunjungan Gus Yahya merupakan inisiatif pribadi. Kiai Said menyatakan, kunjungan tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan PBNU.

"Kehadiran Kiai Yahya Staquf ke Seminar itu pribadi sifatnya, tidak ada hubungannya dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama," tandas Kiai Said, Selasa (12/06/2018).

Adapun sikap PBNU, Kiai Said menegaskan, "dari dulu, sekarang, dan seterusnya akan selalu berpihak pada Palestina, berpihak pada kebenaran."

Menurut Kiai Said, Palestina adalah bangsa yang didzolimi dan bangsa yang ditindas oleh Israel. "Maka kita semua menyuarakan pada dunia internasional, terutama pada PBB dan Amerika, hendaklah kita tegakkan keadilan," jelasnya.

"Mari kita dukung Palestina dalam merebut kemerdekaan dan haknya sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang diakui eksistensinya oleh dunia internasional," imbuh Kiai Said.

Sampai kapanpun, kata Kiai Said, PBNU akan memperjuangkan kemerdekaan bagi Palestina. [dutaislam.com/gg]

TerPopuler