Medsos Makin Kacau? Simak Pesan Penting Kiai Akyas Buntet Kepada Netizen
Cari Berita

Advertisement

Medsos Makin Kacau? Simak Pesan Penting Kiai Akyas Buntet Kepada Netizen

Duta Islam #03
Selasa, 31 Oktober 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Foto: Istimewa
DutaIslam.Com - Berbicara tentang media sosial, kita tak lepas dari status, komentar, dan publikasi ulang terhadap link atau status yang dibuat orang lain. Mudahnya mengakses media sosial tersebut membuat orang gemar membuat status atau mengisi kolom komentar.

Media sosial kerap kali bukan lagi menjadi media untuk berinteraksi antarindividu, tetapi seakan meluas pada media psikologi. Ya, tentu kita sering melihat bagaimana orang-orang mengungkapkan perasaannya di situs Facebook, misalnya. Hal-hal yang seharusnya menjadi privasi diri sendiri, kini sangat mudah dikonsumsi oleh masyarakat umum. Status yang kita buat tidak terbatas hanya pada lingkup regional atau nasional, tapi bahkan internasional, tidak terbentur tembok batas kenegaraan.



Medsos juga tak jarang menjadi ajang untuk membuli, menghina dan mengungkapkan ujaran kebencian kepada orang lain. Hal ini dikarenakan beredarnya informasi yang belum jelas kebenarannya dan cenderung sepotong-sepotong. Informasi tersebut kemudian ditanggapi emosi dan cercaan tanpa melalui tabayyun terlebih dahulu. Akhirnya, medsos yang seharusnya menjadi media positif untuk membangun silaturrahim dan mendekatkan yang jauh menjadi ajang untuk menghina orang lain.

Penulis jadi ingat saat upacara tiap hari Senin di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, tempat penulis mengaji. Pembina Upacara KH Ade Nasihul Umam dalam amanatnya menyampaikan satu syiir dengan bahr thowil karya KH Akyas Abdul Jamil berikut.

تُصَوِّيْتُ تَاعْ تِيعْ تُوعْ وَطَاتْ تَيتْ وَطَاتْ وَلَا # تُبَالِيْ بِجِيْرَانٍ فَقَوْلُكَ ضَاءِعٌ

Tushowwitu tang ting tung wa tot tet wa tot wa laa # tubali bijironin faqouluka dloi’un

"Kamu bicara tang ting tung dan tot tet tot (macam-macam) dan tidak memperhatikan tetanggamu, maka ucapanmu itu sia-sia"

Jauh sebelum media sosial itu lahir, Muqoddam Tarekat Tijani itu sudah mengingatkan kita untuk tidak perlu banyak berkomentar ataupun menulis status jika hanya mengganggu tetangganya. Dalam konteks media sosial, tentu mengganggu pembaca atau pengguna media sosial lainnya.

Secara langsung, beliau tidak mengatakan demikian. Tapi, jika kita maknai lebih jauh lagi akan beroleh kesimpulan ke sana. Atau lebih halusnya, adik Kiai Abbas Buntet itu membolehkan siapapun berkomentar, asalkan baik dan bermanfaat.

Oleh karena itu, dalam bermedia sosial, jari kita perlu dijaga. Jangan sampai dengan mudah membagikan link sebelum diyakini kevalidannya. Perihal pengunggahan status pun, mestinya kita perhatikan betul. Masihkah kita perlu berbuat kesia-siaan? [dutaislam.com/Syakir Niamillah Fiza/Kendi Setiawan/pin]

source: diambil dan diedit seperlunya dari NU Online

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB