Tips Agar Daging Dapat Disimpan Tahan Lama Sampai 1 Tahun di dalam Freezer
Cari Berita

Advertisement

Tips Agar Daging Dapat Disimpan Tahan Lama Sampai 1 Tahun di dalam Freezer

Duta Islam #02
Jumat, 01 September 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Foto: food.detik.com 
DutaIslam.Com - Hari raya Idul Adha atau Bodo Qurban biasanya setiap orang kebagian dunduman daging yang cukup banyak. Tak jarang banyak orang yang belum tahu cara menyimpan daging agar daging tersebut dapat bertahan lama. Berikut tipsnya:

1. Sebelum disimpan, daging jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman-kuman dapat masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Itu dapat merusak kualitas daging, mencuci daging disarankan ketika akan dimasak.

2. Jika mendapat banyak daging, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yang benar, potong-potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer. Daging dalam keadaan beku dapat disimpan lebih dari 1 tahun.

3. Sebelum disimpan di dalam freezer, simpan daging terlebih dahulu di dalam kulkas yang sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam freezer.

4. Jika akan memasak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yang benar adalah dengan meletakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan masih terbungkus rapat plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak. [dutaislam.com/gg]

Sumber: Halal Centre Fakultas Peternakan UGM.

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB