Jumat, 25 Mei 2018

Beda Puasa Orang Awam, Orang Khas dan Khawasul Khawas

Ilustrasi: Istimewa
Oleh Mahmud Suyuti

DutaIslam.Com - Puasa adalah al-imsak, menahan diri dari makan dan minum serta berhubungan biologis dengan pasangan sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat dan syarat-syarat tertentu, disebut puasa zahir.

Al-imsak dalam arti menahan diri dari sifat dan sikap mazmumah (buruk) seperti dusta, hasad, dengki, dan perbuatan tercelah lainnya serta mengisi amal shalihah disebut puasa batin.

Puasa zahir merupakan puasa orang awam yang kadar standarnya adalah fiqih. Jika syarat dan rukunnya telah ditepati, sudah sah dan tidak salah sesuai dengan ketentuan fikih yang diukur dengan kapasitas orang awam kebanyakan.

Sedangkan puasa batin, merupakan puasa orang khas (khusus) yang tidak sekedar menahan lapar dan haus, tetapi juga menjaga akhlak dan perilakunya sehari-hari, kemudian meningkat lagi menjadi puasa yang disebut khawasul khawas (orang khusus diantara orang-orang khusus).

Itulah puasa batin yang secara khusus-spesifik atau hakikat puasa merupakan puasa orang mukmin sesungguhnya, puasa kaum sufi, para auliya, dan para nabi,.

Puasa batin yang demikian  tidak cukup hanya dengan memenuhi ketentuan fikih, tetapi juga menjaga konsistensi dalam mengontrol hati dan pikirannya untuk berma'rifatullah secara terus menerus, seoptimal mungkin lidahnya dipenuhi dengan kalimat-kalimat pujian, subhanallah dan tasbih untuk Allah, shalawatan untuk Rasulullah saw, khatam al-Qur'an di bulan Ramadhan untuk ketenangan hatinya.

Bagi kaum khawasul khawas, puasa bukan sekedar tidak makan-minum pada siang hari tetapi juga lebih mengutamakan mengurangi porsi makan malam di bulan Ramadhan, bahkan mereka juga mengurangi tidur di siang hari dan mengisinya dengan berbagai amalan seperti yang disebutkan tadi ditambah dengan qiyamul lail, yakni salat tarwih secara khusyu' dan berzikir sebanyak mungkin terutama pada malam ganjil akhir Ramadan menyambut laylatul qadri, suatu malam yang setara dengan seribu bulan. [dutaislam.com/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini