Jumat, 20 April 2018

Memicu Kekacauan, PBNU Desak PBB Segera Ambil Langkah Kongkrit Terkait Konflik Suriah

Serangan AS ke Suriah. Foto: Istimewa
DutaIslam.Com -  Presiden Rusia Vladimir Putin menilai serangan Amerika Serikat ke Suriah akan memicu kekacauan. Serangan yang terjadi pekan lalu itu juga mendapat kecaman dari sejumlah pihak di Indonesia. Termasuk dari Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam terbesar Nahdlatul Ulama (NU).

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengecam tindakan Amerika Serikat dan sekutunya atas serangan tersebut. PBNU mendesak kepada PBB untuk segera mengambil langkah konkrit guna menyelesaikan konflik tersebut.

Sikap PBNU ini sebagaimana tertuang dalam penyataan sikap. Ada tujuh poin sikap PBNU terkait konfilk yang berkepanjangan dan tak kunjung usai tersebut. Selain mendesak PBB, PBNU juga meminta kepada seluruh kepala Negara dan juga tokoh agama dunia untuk terus membangun usaha-usaha demi terwujudnya perdamaian dunia.

Berikut ini adalah tujuh pernyataan sikap PBNU sebagai dilansir dutaislam.com dari Tribunnews:

1. NU mengecam keras perang dan tindakan kekerasan.

2. Mendorong seluruh kepala Negara dan juga tokoh agama dunia untuk terus membangun usaha-usaha demi terwujudnya perdamaian dunia.

3. Mendesak PBB segera mengambil tindakan dan langkah konkrit untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di Suriah.

4. Mendorong pemerintah RI untuk mengambil peran penting bagi terwujudnya dialog antar pihak, agar terciptanya suatu tatanan dunia yang aman dan tenang.

5. Mendorong pemerintah Indonesia untuk ikut serta dan proaktif dalam membantu problem yang terjadi di Palestina dan Suriah.

6. Menyerukan secara khusus kepada warga NU untuk membaca doa qunut nazilah, memohon pertolongan dan perlindungan pada Allah SWT, agar tercipta situasi yang damai.

7. Nahdlatul Ulama sebagai kekuatan civil society di Indonesia dan dunia berkomitmen untuk terus mengembangkan dakwah Islam yang toleran, moderat serta terus merekatkan persaudaraan kemanusiaan bagi terwujudnya perdamaian dunia.

Demikian, tujuh pernyataan sikap PBNU untuk diperhatikan.[dutaislam.com/pin]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini