Kenapa Seorang Felix Siaw Lebih Terkenal dari Gus Mus?
Cari Berita

Advertisement

Kenapa Seorang Felix Siaw Lebih Terkenal dari Gus Mus?

Duta Islam #02
Selasa, 27 Maret 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Screenshoot akun facebook pribadi Gus Mus dengan fanpage Felix.
Oleh Denny Siregar

DutaIslam.Com - Itu pertanyaan teman saya, seorang Kristen, ketika kami sedang ngopi bersama. Sengaja saya sebut agamanya karena ia sedang mempelajari Islam dari wajah saya yang katanya moderat.

"Ukuran terkenal darimana ?" Tanya saya. Dia pun membeberkan jumlah follower Felix Siaw yang bisa mencapai 4 jutaan di facebook saja. Belum lagi setiap kali Siaw buat status, yang ngeshare ratusan.

Bandingkan dengan Gus Mus yang followernya hanya 200 ribuan. Dan yang shares setiap statusnya hanya puluhan.

Ah, begitu rupanya. Saya pun tersenyum sambil seperti biasa menyeruput kopi yang dia belikan untuk saya. Ada hukum yang tidak tertulis disini, kau yang bertanya kau yang membayari..

"Kalau ukuran terkenal dilihat dari jumlah follower dan shares di medsos saja, artis alay di tipi itu kurang terkenal apa. Followernya jutaan, bahkan jauh di atas Siaw. Siaw gada apa-apanya. Bahkan Siaw lebih gada apa-apanya dibandingkan Gus Mus.."

"Loh kok bisa ?" Tanya temanku. "Kan angka berbicara..". Aku ketawa saja. "Ya bolehlah kalau angka di medsos. Tapi tahukah kamu, bahwa Gus Mus sangat dihormati di NU ? Dan tahukah kamu jumlah anggota NU ? Antara 60 juta sampai 80 juta nahdliyin di seluruh wilayah Indonesia. Mereka kenal Gus Mus dan cinta Gus Mus. Mereka banyak yang gak kenal Siaw apalagi mencintainya...

Nah, kira-kira besaran mana follower Gus Mus ma Siaw ?" Tanyaku.

Saya lalu menjelaskan bahwa apa yang Siaw ajarkan sesungguhnya adalah bahasan-bahasan pop yang miskin logika. Tentang pacaran, tentang selfie dan hal-hal kekinian yang ringan tanpa meninggalkan arti yang mendalam.

Dan itu disukai remaja kekinian juga yang suka beragama dengan instan. Cukup mengaji dan senang ketika fatwa halal haram dikeluarkan. Lebih mudah bagi mereka mencernanya daripada berurusan dengan makna-makna yang membutuhkan kedalaman pikiran.

Wajar saja, wong Siaw baru kenal Islam tahun 2000an. Apa yang bisa diharapkan dari seseorang yang sedang belajar agama trus mendadak didaulat jadi pengajar agama ?

Itu seperti anak kelas 5 SD yang dipaksa mengajar anak kelas 1 SD. Ya, pengetahuannya sekitar permukaan saja. Konstruksi berfikirnya belum benar karena itu yang keluar dari bibirnya hanya kulit-kulit luarnya saja.

Bandingkan dengan Gus Mus yang sudah belajar kemana-mana selama puluhan tahun lamanya. Beliau Profesor dalam ilmu agama.  Dan keilmuannya diakui oleh orang-orang berilmu lainnya, bukan dengan orang-orang yang level dibawahnya..

"Bedakan antara mencari pengakuan dan diakui.." Kata saya. "Seorang Gus Mus sudah diakui dan tidak perlu mencari pengakuan lagi. Sedangkan Siaw masih harus terus mencari pengakuan dari orang-orang yang tidak mengerti, karena disanalah dirinya eksis..."

Temanku mengerti bahwa ada hal yang tidak diketahuinya yang jauh lebih besar daripada apa yang diketahuinya. Itu juga menjawab pertanyaannya bahwa apa yang dilakukan segelintir orang dengan membawa nama Islam, sama sekali bukan representasi Islam keseluruhan yang jauh lebih besar.

"Itu hanya curut-curut yang ingin tampil demi isi perutnya.." kata saya ketika ia dulu bertanya tentang kenapa Islam bisa radikal. [dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB