Minggu, 18 Februari 2018

Mahabbah Habib Luthfi kepada Syech Utsman Al Ishaqy

Habib Luthfi dan Syech Ustman Al Ishaqy. (Foto: Istimewa)
DutaIslam.Com - Siapa yang tak kenal dengan Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya? Selain dikenal sebagai tokoh yang lantang menyuarakan NKRI harga mati dan ajakannya untuk cinta tanah air, ulama kharismatik pemimpin Jamiyyah Thoriqoh Mu'tabaroh An Nahdliyyah (Jatman) ini juga dikenal sebagai sosok yang sangat takdzim dan mahabbah (cinta) kepada gurunya.

Diceritakan, saking mahabbahnya Habib Luthfi bin Yahya pada salah satu gurunya, yaitu Mbah Utsman al-Ishaqy (Yai Sepuh), setiap kali mendengar sang guru sedang melintasi/melewati jalur Pantura Jawa Tengah, maka Habib Luthfi selalu berusaha mengejarnya. Demi untuk sekadar menatap atau sungkem (cium tangan), mengharap keberkahan sang guru.

Bahkan dulu semasa hidupnya Mbah Utsman, Habib Luthfi termasuk salah satu hadirin yang aktif menghadiri Haul Akbar di Jatipurwo Surabaya, sebuah tradisi yang awalnya hanya berlaku di kalangan habaib, dan kemudian dimasyhurkan pertamakali di kalangan kiai oleh Hadhratus Syaikh KH. M. Utsman bin Nadi al-Ishaqy Jatipurwo Surabaya (w. 1984 M).

Dan foto di atas adalah foto Hadhratus Syaikh KH. M. Utsman al-Ishaqy bersama Maulana Habib M. Luthfi bin Yahya semasa mudanya, sekitar tahun 80-an kurang-lebih. [dutaislam.com/gg]


Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini