Selasa, 16 Januari 2018

Hasan Habibie: Ribuan Orang Bersholawat Hanya Karena Satu Orang

Hasan Habibie saat mengisi seminar Matan di IAIN Pekalongan, Selasa (16/01/2018). 
DutaIslam.Com - Hasan Chabibie, pembicara dalam acara seminar Muktamar Jatman (Jam'iyyah Ahlit Thariqah Mu'tabarah An Nahdliyah) XII pada komisi Matan (Mahasiswa Ahlit Thariqah An Nahdliyah), yang bertempat di IAIN Pekalongan mengatakan bahwa peran media sosial hari ini dalam membentuk perubahan sosial cukup luar biasa.

Dari data yang dipaparkannya, pengguna smartpone hari ini sudah mencapai 85 persen. Dari sepuluh pengguna media sosial, empat di antaranya aktif mengaksesnya. Mereka bisa hidup tanpa ponsel paling lama hanya 7 menit, dan mengakses internet rata-rata 8-11 jam sehari.

Data lain menunjukkan, masyarakat Indonesia menempati posisi peringkat ke 60 dari 61 negara yang disurvei. Ia juga memaparkan minat baca buku rata-rata masyarakat hanya 27 halaman per tahun. Mereka membaca koran rata-rata 12-15 menit per hari.

"Oleh sebab itu, literasi digital hari ini sangat penting," kata Hasan dalam acara bertemakan "Peran Thariqah dalam Membentuk Karakter Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia" Selasa, (16/01/2018).

Menurut Hasan, peran ini perlu diambil oleh Matan dalam menghadapi problem sosial yang ada, dengan mengisi konten-konten positif di dunia maya. "Sebab, hari ini masing-masing individu bisa membuat perubahan," lanjutnya.

Ia mencontohkan seperti penyanyi muda waktu mengikuti audisi penyanyi di salah satu stasiun TV yang melantunkan shalawat hingga viral di media sosial youtube.

"Bayangkan hanya satu orang, bisa membuat banyak orang untuk membaca shalawat," papar Hasan.

"Artinya ini merupakan cara dan memanfaatkan momentum," imbuhnya. [dutaislam.com/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini