Minggu, 17 Desember 2017

Pesan Imam Al Haddad (Shohiburratib) Tentang Ilmu dan Amal


Oleh Alhabib Quraisy Baharun

DutaIslam.Com - Al-Imam Abdullah Al-Haddad (Shohiburratib) mengatakan: “Berpegang tegunglah pada Al-Qur an dan ikutilah sunnah Rasul, dan ikutilah jejak aslaf (para salafus sholeh) niscaya Allah akan memberimu hidayah.”

Anjuran ini diantaranya supaya kita tidak boleh jauh untuk duduk dan berkumpul dengan orang-orang sholeh serta majelis Ilmu, seperti disebutkan:

الجليس الصّالح خير من الوحدة والوحدة خير من جليس السّوء
Teman duduk yang baik lebih utama daripada menyendiri; danmenyendiri lebih baik daripada bergaul dengan teman yang buruk.

Saudara-saudariku.. Jika engkau ingin mengetahui ilmu dan amal yang bermanfaat dan penting atau yang paling bermanfaat dan paling penting bagimu, maka bayangkanlah bahwa besok engkau akan mati, kembali kepada Allah swt dan berdiri dihadapan-Nya. Allah swt kemudian menanyakan semua ilmu, amal dan keadaanmu. Setelah itu engkau akan dimasukkan ke Surga atau Neraka.

Ilmu dam amal yang engkau anggap lebih utama pada saat membayangkan kematian tersebut adalah ilmu dan amal yang penting dan bermanfaat engkau miliki. Itulah yang seharusnya engkau tekuni dan cari.

Sedangkan semua yang engkau anggap tidak bermanfaat dan penting ketika engkau membayangkan kematian tersebut, maka tinggalkanlah. Jangan sibukkan dirimu untuk mencari dan mempelajarinya. Begitu pula dengan semua kegiatan hidup, apa yang engkau anggap penting dan memang harus kau penuhi ketika membayangkan kematian itu, maka jangan kau tinggalkan. Dan apa yang tidak kau butuhkan pada saat itu, maka tinggalkan dan jangan kau kerjakan.

Dan pesan beliau (Shohibu ratib al-Haddad)
Jika anda menyimpan penuh ta’zhim (kepatuhan) dan penghormatan setinggi-tingginya terhadap gurumu senantiasa menghargainya, percaya lahir dan batin bersedia mematuhi segala perintahnya, mencontoh akhlaknya, maka itulah tandanya anda sedang mewarisi rahasia-rahasia dari gurumu dari gurumu lalu dari gurumu terus bersambung sampai ke Baginda Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam.

Hal inilah yang terpenting tentang Ilmu dan mengikuti para guru-guru kita salafus sholeh. Mudah-mudahan Allah meridho'i dan memberi keberkahan pada Ilmu yang telah kita pelajari. Aamiin.... [dutaislam.com/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini