Rabu, 22 November 2017

Bukan Hanya Saudi, Kini Majelis Tinggi Perdamaian Afghanistan Juga Belajar Islam Moderat ke Indonesia

Foto: Kantor Staf Presiden
DutaIslam.Com - Setelah beberapa waktu lalu Arab Saudi melalui Dubesnya menggandeng Nahdlatul Ulama dalam mengembangkan Islam moderat, kini High Peace Council (HPC) atau Majelis Tinggi Perdamaian Afghanistan juga berkunjung ke Indonesia juga dalam rangka belajar Islam Moderat ke Indonesia.

Baca: Arab Saudi Pun Meminta "Petuah" Kiai Said untuk Mengembangkan Islam Moderat

Sebagaimana diberitakan Kantor Staf Presiden melalui akun twitter resmi @KSPgoid (22/11/2017), Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Yusuf Kalla menerima kunjungan delegasi High Peace Council (HPC) atau Majelis Tinggi Perdamaian Afghanistan yang dipimpin Mohammad Karim Khalili, Selasa 21 November 2017 di Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam kunjungan tersebut, Mohammad Karim Khalili mengharapkan peranan Indonesia dalam menengahi konflik yang terjadi di Afghanistan. Menurutnya, Indonesia dapat menyelesaikan konflik di Afghanistan karena Indonesia adalah contoh penerapan Islam yang benar dan mereka ingin belajar banyak mengenai Islam moderat yang ada di Indonesia.

Karim Khalili juga mengatakan bahwa pengalaman Indonesia dalam mewujudkan toleransi antar suku, budaya dan agama sangat penting bagi Afghanistan dan mereka akan menerapkannya.

Jokowi pun menyambut baik atas kunjungan Majelis Tinggi Perdamaian Afghanistan tersebut. "Kita dianggap netral di tengah, jadi antusias yang disampaikan oleh beliau akan kita sambut baik dan saya juga menyampaikan segera akan menyusun jadwal secepatnya," kata jokowi.

Presiden Jokowi berjanji akan segera mengundang ulama-ulama Afghanistan, Pakistan dan negara lainnya juga dengan ulama di Indonesia mengambil langkah awal proses perdamaian untuk bersama-sama mencarikan solusi bagi saudara-saudara kita yang ada di Afghanistan.

Setelah berkunjung dengan Presiden Jokowi, Majelis Tinggi Perdamaian Afghanistan akan bertemu Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, berkunjung ke Istiqlal, pondok pesantren dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. [dutaislam.com/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini