Dutaislam.com mendoakan sukses HUT RI ke-72 pada Kamis Wage, 17 Agustus 2017. NKRI Harga Hidup Dunia Akhirat!

  • Lakpesdam NU Jepara keluarkan 5 Sikap Terkait Dugaan Pencemaran Sungai

    Admin: Dutaislam
    Dimuat: Sabtu, 12 Agustus 2017
    A- A+

    DutaIslam.Com - Mencermati perkembangan yang terjadi terkait dugaan pencemaran limbah di Sungai Desa Karangrandu Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, Pimpinan Cabang (PC) Lakpesdam NU kabupaten Jepara mengeluarkan sikap tegas, Kamis (10/8/2017).

    Pasalnya, kejadian tersebut belum mendapatkan respon yang memadahi dari para pemangku kebijakan di Jepara. Berikut ini 5 sikap Lakpesdam NU Jepara terkait masalah tersebut:

    1. Lakpesdam NU Jepara sangat menyayangkan terjadinya pencemaran di sungai Karangrandu karena dapat menyebabkan tercemarnya  sumber air minum dan irigasi persawahan di desa karangrandu.

    2. Mendesak pemerintah segera turun tangan melakukan uji laboratorium terkait pencemaran tersebut. Uji laboratorium harus dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan independen agar tidak ada kesan menutup-nutupi permasalahan yg sebenarnya terjadi.

    3. Menyayangkan statemen pihak KLH kabupaten Jepara yang menyatakan perubahan warna dan bau tidak mesti dari limbah, hal itu terkesan menutup masalah dan dapat menyinggung perasaan masyarakat yang terkena dampak pencemaran tersebut, mengingat selama ini air sungai dalam keadaan normal dan layak untuk dimanfaatkan.

    4. Menyayangkan lemahnya pengawasan pemerintah terhadap menjamurnya Pabrik-pabrik yang mestinya harus diimbangi dengan jumlah pengawas pabrik-pabrik. Berkaca dari workshop Lakpesdam beberapa bulan lalu dari banyaknya pabrik di Jepara hanya dicover oleh dua orang pengawas.

    5. Mendesak pemerintah kabupaten agar memberi saksi tegas berupa pencabutan izin kepada perusahaan yang terbukti tidak mematuhi ketentuan dan terbukti menimbulkan pencemaran lingkungan.

    Ketua Lakpesdam NU Jepara, Ahmad Sahil berharap agar sikap Lakpesdam NU Jepara ini segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang terkait terutama pemerintah daerah kabupaten Jepara. [dutaislam.com/gg]

    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: