Minggu, 30 Juli 2017

Dalil Haul Makam

Habib Luthfi saat haul agung Sunan Ampel, foto: allevents.in 
DutaIslam.Com - Haul adalah ritual ziarah tahunan yang di kemas sebagai metode dakwah yang di himpun dari As-Sunnah. Di dalam acara ziarah tahunan atau Haul, kita di ajak untuk menziarahi ulama/wali/syuhada yang telah meninggal, agar kita bisa mencontoh dan meneladani perjuangan dakwah mereka serta mendoakan mereka.

Ritual ziarah tahunan seperti ini pernah di lakukan oleh Rasullullah ﷺ dan diikuti oleh para sahabat beliau seperti dalam hadits yang di abadikan oleh Al-hafidz Ibnu Katsir dalam kitab tafsir beliau sewaktu menafsirkan surat Ar-Ra'd, ayat 24 beliau berkata:

وقد جاء في الحديث : أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - كان يزور قبور الشهداء في رأس كل حول ، فيقول لهم : ( سلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار ) وكذا أبو بكر ، وعمر وعثمان 

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ menziarahi kuburan para syuhada setiap Haul (tahunnya) dan mengucapkan ayat berikut kepada mereka: Salam (keselamatan) untuk kalian berkat kesabaran kalian dan sebaik baiknya nikmat/balasan adalah balasan akhirat (Qs. Ar-Ra'd: 24 ).
Begitupun Abu bakar, Umar dan Ustman melakukan hal yang sama.

Dan disebutkan juga di dalam Tarikh Madinah oleh Ibnu Syabbah:

قال أبو غسان : حدثني عبد العزيز بن عمران ، عن موسى بن يعقوب الزمعي ، عن عباد بن أبي صالح ، " أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يأتي قبور الشهداء بأحد على رأس كل حول ، فيقول : سلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار (سورة الرعد آية 24)  قال : وجاءها أبو بكر ، ثم عمر ، ثم عثمان رضي الله عنهم

Telah berkata Abu Ghassan: telah berkata kepadaku Abdul Aziz bin Imran dari Musa bin Yaqub al-Zam'i dari Abbad bin Abi Shaleh, bahwa Rasulullah ﷺ mendatangi makam para Syuhada yang berada di Uhud setiap Haul (tahunya), kemudian Rasulullah ﷺ membaca ayat: Salam (keselamatan) untuk kalian berkat kesabaran kalian dan sebaik baiknya nikmat/balasan adalah nikmat/ balasan akhirat (Qs. Ar-Ra'd: 24 ).
Perawi (Abbad bin Abi Shaleh) berkata: begitupun Abubakar melakukan hal yang sama (yaitu mendatangi kuburan para syuhada),dan Umar, dan juga Ustman Radliyallahu 'anhum.

Al-Imam al-Baihaqi dalam kitab Dalaailun-nubuwah, dan Imam Abdurrazzaq dalam Musannaf Abdurrazzaq, juga meriwayatkan dengan lafadz yang semisal. Wallahu'a'lam. [dutaislam.com/gg]

Abu Muhammad al-Maduri

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini