Dutaislam.com Mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1439 H. Kamis, 21 September 2017

  • Tips Aman Saat Beribadah di Tanah Suci Makkah Madinah

    Admin: Duta Islam
    Dimuat: Sabtu, 01 April 2017
    A- A+
    Tips sehari hari beribadah di tanah suci
    DutaIslam.Com - Mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Baitullah merupakan impian setiap muslim di dunia karena. Akan selalu ada hikmah serta kesan yang dapat diperoleh di samping mendapatkan pahala yang banyak dari Allah SWT.

    Akan tetapi kondisi di tanah suci tidak sama dengan kondisi tempat dimana Anda tinggal, baik dari segi cuaca, tradisi, budaya maupun bahasanya.

    Oleh karena itu ada beberapa tips yang dapat jemaah lakukan selama melakukan beribadah di Tanah Suci agar dapat kembali ke Tanah Air dengan aman serta diberikelancaran. Berikut agar aman saat beribadah di Tanah Suci:

    Makkah serta Madinah merupakan kota yang suci namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan masih banyaknya orang-orang yang perlu kita waspadai. Tidak sedikit terjadi penipuan yang dilakukan oleh masyarakat lokal dengan menawarkan jasa antar kepada Anda, meminjamkan suatu barang, membelikan dam atau hewan korban dan bentuk modus lain yang mungkin perlu diwaspadai. Oleh karena itu, jemaah diharuskan untuk berhati-hati pada setiap kegiatan dan jangan mudah untuk mempercayai orang yang tidak kita kenal

    Masyarakat Madinah atau Makkah mengetahui bahwa banyak sekali turis yang datang dari Indonesia, oleh karena itu banyak toko souvenir atau makanan yang menerima pembayaran dengan mata uang rupiah. Namun tidak sedikit pula toko yang hanya menerima mata uang real Saudi. Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menukarkan mata uang real Saudi di Tanah suci dibandingkan menukar mata uang di Indonesia.

    Apabila Anda hendak berbelanja disarankan untuk berbelanja pada saat Anda berada di Makkah mengingat harga barang di Madinah sering ditemukan lebih mahal. Disarankan juga untuk menawar harga di bawah 50 persen atas harga yang ditawarkan. Jika pedagang menyebut 'akhir kalam', maka kemungkinan barang tersebut masih dapat ditawar lagi.

    Cuaca di Tanah Suci seringkali lebih panas dibandingkan dengan Tanah Air Indonesia. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi air zam-zam yang telah disediakan oleh petugas masjid minimal sebanyak 6 gelas agar terhindar dari dehidrasi.

    Itulah beberapa tips praktis yang dapat Anda ikuti apabila menunaikan ibadah haji/umroh ke Tanah Suci. Pastikan juga jika Anda berencana melakukan perjalanan ibadah umroh atau haji. Pilih travel umroh yang berkualitas dan terpercaya.

    Demikian tips beribadah di tanah suci. Silakan disimpan artikel ini sebelum Anda berangkat umroh atau haji ke tanah suci, agar uang saku umroh Anda aman, perlengkapan umroh disiapkan (utamanya perlengkapan umroh wanita selama 12 hari), aplagi perlengkapan umroh musim dingin. Tidak perlu model baju umroh terbaru (untuk wanita) yang harus dibawa jika Anda mempraktikkan tips di atas.

    Jika Anda bisa menawar, misal sepatu umroh wanita atau sepatu yang nyaman untuk umroh, maka Anda tidak akan mudah kena tipuan saat beribadah. Dan Anda tidak akan tersesat saat beribadah di tanah suci. [dutaislam.com/ed]

    Terimakasih telah membaca Portal Dutaislam.com (DI). Kami bagian dari jaringan admin web Aswaja. Jika tertarik berlangganan artikel DI, silakan klik FEED. Punya naskah layak terbit? Silakan klik KIRIM NASKAH. Ingin produk dikenal luas, silakan klik IKLAN
  • BEBAS BERKOMENTAR: