Minggu, 25 Desember 2016

Nyantri di Negeri Ratu Elisabeth, Inggris, Why Not?

Para santri yang studi ke Inggris
DutaIslam.Com - Pada postingan sebelumnya kita sudah mengenalkan para santri yang tengah "nyantri" di negari Kincir Angin. Belanda. Kali ini, kita akan menengok siapa saja santri cendekia yang tengah memperdalam ilmu di Britania Raya, terutama Inggris.

Selain terkenal karena liga sepakbolanya, Inggris juga menjadi salah satu negara tujuan studi paling banyak diminati oleh pelajar asal Indonesia. Saat ini, beberapa santri juga tercatat tengah asik menikmati dunia pendidikan di negeri Ratu Elisabeth itu. Siapa saja mereka? Yuk kita cari tahu!

Kita awali dari kota Manchester. Di kota ini, ada I'anatul Avifah, dara asal Lamongan, Jawa Timur ini sedang menempuh program master di University of Manchester dengan konsentrasi Educational Technology.  Vifah, sapaan akrabnya, merampungkan pendidikan strata satu-nya di UIN Sunan Ampel Surabaya di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, sembari nyantri di PP Annuriyah, Surabaya. (Baca: Berkat Doa Witir, Santri Ini Bisa Kuliah ke Harvard).

Di universitas yang sama, kita jumpai Siti Navila. Sebelum memilih program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta, Navila telah menyelesaikan pendidikan menengahnya di Pondok Modern Gontor Putri Ponorogo.

Kini, keduanya duduk di kelas yang sama di jurusan TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages) di University of Manchester.

Beralih ke kota Lancaster, ada seorang santri lulusan PP Qomaruddin, Gresik, M. Sholakhuddin Al Fajri, sedang aktif belajar di University of Lancaster mengambil jurusan Language and Linguistics. Fajri sebelumnya telah menyelesaikan program sarjana di UIN MMI Malang di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris sembari menjadi supervisor di Ma'had Al Jamiah UIN Malang.

Berpindah ke kota York. Di kota York ini, kita akan menjumpai Queen Rahmah Rizqi Zaidah atau Queen. Setelah sebelumnya belajar tentang Psikologi di UIN MMI Malang, Queen tengah menempuh program master di University of York di jurusan Music and Psychology. Jika sebelumnya ia mengabdikan diri menjadi supervisor di Ma'had Al Jamiah UIN Malang, kini ia bersama suami mengasuh santri-santri di PP Baitul Arqom.

Kemudian, di kota Leeds, tepatnya di University of Leeds, ada Mochamad Iqbal Abdul Ghoni, santri lulusan Al Hikmah 2 Brebes. Ia kini sedang tekun belajar di jurusan Professional Language and Intercultural Studies. Iqbal adalah salah satu anggota CSS MoRA (penerima beasiswa Kemenag) selama menyelesaikan program sarjana di Universitas Airlangga, Surabaya di jurusan Linguistik.

Selain itu, di kota Durham, kita kenalkan santriwati bernama Nuha Qonita, yang asyik mendalami ilmu Islamic Finance and Management di Durham University Bussiness School. Nuha sebelumnya adalah mahasiswa Islamic Law di Al Azhar University. Ia juga pernah nyantri di Pondok Modern Gontor and Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin.

Demikian ulasan singkat tentang santri yang sedang belajar di Inggris. Selamat berjuang, semoga sukses, dan segera pulang untuk mengabdikan diri pada pesantren, agama dan bangsa. Nantikan tulisan selanjutnya ya! Kita akan kenalkan beberapa santri yang sedang belajar di negara Bavaria, Jerman! [dutaislam.com/ramzi/ab]

Source: Grup AIS (Akun Instagram Santri Nusantara)

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini