Selasa, 20 Desember 2016

Ini Alasan Mengapa Tokoh Muslim Dicetak di Pecahan Uang Kertas Nominal Buncit

Ada yang sebut desain rupiah mirip Yuan Cina
DutaIslam.Com - Di grup-grup Islam radikal, banyak anggotanya yang mempertanyakan penempatan tokoh-tokoh yang dijadikan ikon uang kertas rupiah terbaru. Semuanya tidak ada yang pantas menurutnya.

Bahkan tokoh semacam Frans Kaisiepo, yang dicetak dalam lembaran uang kertas 10 ribu dianggap tidak punya jasa terhadap Indonesia. Ia hanya tidur lalu terbunuh, begitu menurut pendapat salah satu member yang nyinyir di grup.

Bahkan KH Idham Cholid yang menjabat Ketua Umum PBNU selama 28 tahun pun dianggap tidak punya jasa besar terhadap bangsa Indonesia. Lebih pantas KH Ahmad Dahlan dibanding Idham Cholid, pahlawan nasional dan santri dari Satui, Kalimantan Selatan. Begitu. (Baca: Hal yang Dilarang Penjaga Saat Anda Ziarah ke Makam KH Ahmad Dahlan)

Ada juga yang kemudian menyebut kalau desain uang kertas terbaru sekarang mirip dengan desain uang kertas resmi negara Cina (lihat gambar paling atas di postingan ini). Mereka juga menyebut masih ada simbol terlarang PKI yang menghiasi desain terbaru uang kertas Republik Indonesia itu.

Karena kekecewaan mendalam, ada yang kemudian menjadikan foto Habib Rizieq Syihab di pecahan uang kertas Rp. 50.000. Ada-ada saja cara mereka untuk mengedit. Ini dia foto yang beredar:

Editan foto Habib Rizieq di pecahan 50 ribu
Dibalik itu, ada yang menyindir (atau ngepas-ngepaske) bahwa pemilihan tokoh muslim yang dicetak di satuan terkecil 1.000, 2.000 dan 5.000 adalah sebagai bentuk apresiasi dari Menkeu kepada umat muslim.

Katanya, penempatan tokoh muslim di uang kertas 1.000 (Tjut Meutia), 2.000 (Moehammad Hoesni Thamrin) dan 5.000 (KH Idham Chalid) adalah ketika pecahan tersebut termasuk nominal yang sering masuk ke kotak amal masjid, mushalla atau pesantren.

"Jika besok di masjid-masjid sudah mulai banyak yang 10.000 dan atau 20.000, baru gambarnya pahlawan muslim," kata salah satu netizen, dikutip Dutaislam.com, Selasa (20/12/2016). Mengapa tokoh non muslim ada di pecahan 10 ribu dan 20 ribu?

Jawabannya, karena nominal itu sering muncul di di kotak amal gereja. Hahaha. Entah ini pelecahan atau tidak, terserah daya tangkap Anda, mau memperbanyak amal sedekah atau tetap nyinyir, silakan. [dutaislam.com/ ab]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini