Minggu, 06 November 2016

Asal Jangan Gus Dur yang Datang


DutaIslam.Com - Di daerah Bali, Gus Dur pernah diancam cekal (cegah tangkal) oleh petugas Polres setempat. Ia tidak diperkenankan ceramah. Untung petugas polisi Bali saat itu tidak mengenal wajah Gus Dur. Mungkin karena TV masih menjadi barang mewah saat itu. Atau bisa jadi polisi tersebut jarang baca koran.

Suatu ketika, mahasiswa di Bali yang tergabung sebuah organisasi ekstra kampus mengundang Gus Dur dalam sebuah diskusi tentang perilaku politik orde baru. Karena judul diskusinya terlampau keren dan pastinya mengkritik pemerintahan orde baru, polisi ketar-ketir. Maklum mereka khawatir akan dapat teguran dari pusat, yaitu Soeharto.

Saat mahasiswa yang mengurus perijinan tersebut, mereka sudah bersiap kemungkinan terburuk, yaitu dilarang. Namun, di luar dugaan, mereka justru dapat ijin dan prosesnya pun terbilang mudah. Namun saat mahasiswa ini akan berpamitan, mereka diajak ngobrol sama polisi tersebut.

“Jadi yang diundang itu KH. Abdurrahman wahid, ya?” tanya polisi tersebut. 

“Betul, pak,” jawab mahasiswa tersebut sambil ketar-ketir. 

“Begini adik-adik, pada dasarnya kami acc saja. Asal anda sendiri konsisten dengan surat ijin ini. Jangan sampai ada Gus Dur di pertemuan ini. Intinya begitulah,” kontan saja, mahasiswa tersebut terkejut sambil mencoba menahan diri tidak ketawa.

Lucunya, sampai acara berlangsung, perwira polisi tersebut masih belum paham bahwa Gus Dur adalah nama lain dari KH. Abdurrahman Wahid. Kocaknya lagi, selesai acara perwira polisi tersebut menyalami Gus Dur sambil berkata, “terima kasih atas kehadiran Pak Abdurrahman, terus terang pak, kami sebelumnya sempat deg-degan, khawatir yang diundang panitia itu Gus Dur, yang repot ya kami-kami ini, pak,” kata perwira tersebut dengan lugu.

Bagaimana reaksi Gus Dur? Gus Dur hanya manggut-manggut sambil berharap tida ada satupun orang yang ada disitu memanggilnya Gus Dur. Hahahaha....[dutaislam.com/ ed]
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini