Selasa, 11 Oktober 2016

Nasib Para Pembunuh Sayyid Husain Cucu Rasulullah

para pembunuh imam husain

DutaIslam.Com - Mereka yang terlibat dalam pembunuhan Cucu Rasulullah Sayyid Hussain adalah: Yazid bin Muawiyah, Ubaidillah bin Ziyad, Umar bin Sa’ad, seluruh Pasukan Ibnu Ziyad dan penduduk Kufah yang menghianati Al-Hussain. Lantas bagaimana nasib mereka?

Yazid bin Muawiyah pada tahun 60 H menjadi raja yang mengaku sebagai Khalifah. Tahun 61 H, Yazid menginstruksikan pembunuhan Al-Hussain, cucu dari Nabi Muhammad SAW.

Tahun berikutnya, penduduk Madinah melepaskan bai’at kepada Yazid sebagai reaksi atas pembunuhan Al-Hussain, maka Yazid kemudian mengirimkan pasukannya menyerbu kota Madinah. Yazid menghalalkan selama 3 hari 3 malam untuk pasukannya bebas berbuat apa saja di dalam kota suci Madinah Al Munawwarah.

Tahun berikutnya lagi, 63 H menyusul pergolakan pula di kota Makkah sebagai reaksi atas terbunuhnya Hussain, Yazid kembali mengirimkan pasukannya menggempur kota Makkah Al Mukarramah dengan Manjanik (Ketapel Raksasa) yang melontarkan batu-batu besar berapi ke dalam kota Makkah hingga sampai mengenai Baitullah Ka’bah. Dan pada tahun ini pula Yazid meninggal dengan misterius pada usia 33 tahun.

Tiga tahun kemudian, 66 H Mukhtar Al Tsaqafi juga bangkit menuntut balas kepada para pembunuh Al Hussain dan membentuk tim khusus untuk mengejar para pelaku pembunuhan cucu Rasulullah tersebut.

Tahun 67 H, Ubaidillah bin Ziyad terbunuh oleh Pasukan Mukhtar Al Tsaqafi. Dalam riwayat disebutkan bahwa kepala Ibnu Ziyad dikirimkan kepada Mukhtar lalu Mukhtar mengirimkannya kepada Abdullah bin Zubair, dari situ kemudian dikirim ke rumah keluarga Nabi, namun ditolak dan akhirnya diletakkan di emperan Masjid.

Banyak orang yang melihat ketika itu ada seekor ular yang masuk ke dalam Kepala Ibnu Ziyad, masuk keluar dari mata dan telinganya lalu bersarang lama dalam kerongkongannya kemudian ular itu pergi.

Azab Allah kepada para pembunuh Al Husein sangat pedih. Umar bin Sa’ad dan anaknya terbunuh oleh Pasukan Mukhtar Al Tsaqafi. Eksekutor yang menyembelih Hussain, yakni Syimr bin Dzil Jausyan juga dibunuh oleh pasukan Mukhtar Al Tsaqafi dan jasadnya dilemparkan kepada anjing-anjing gurun.

Ibnu Katsir menegaskan bahwa hampir semua riwayat yang menyebutkan tentang azab dan hukuman yang menimpa para pembunuh Al-Hussain adalah Shahih. [dutaislam.com]
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post

2 komentar

Ini yek luqman bib abu bakar ?

Ikatan Takmir Masjid&Musholla Kab Jember, selalu update ikuti Duta Islam u anggota group WA- terimakasih duta islam- semoga tetap eksis perjuangkan Aswaja di NKRI

POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini