Minggu, 16 Oktober 2016

Inilah Macam-Macam Karakter Kiai


DutaIslam.Com - Jenis kiai atau ustadz dan karakternya kini jadi banyak seiring berkembangnya teknologi informasi yang memberikan ruang publikasi kepada kiai untuk eksis. Sayangnya, diantara macam kiai itu, banyak yang hanya bisa disebut ustadz atau muballigh, sedikit dari mereka layak disebut ulama. 

1. Kiai tandur, yaitu ulama, kiai atau ustadz yang berjuang memiliki pondok pesantren, yayasan, lembaga, pendidian, organisasi, majelis ta'lim termasuk juga majelis dzikir dan ilmu. Ia adalah sosok kiai yang pintar nandur (menanam) benih generasi ilmunya kelak.

2. Kiai sembur, yaitu ulama, kiai atau ustadz yang tidak punya pondok pesantren maupun majelis ta'lim, kyai sembur sendiri biasanya seorang tokoh panutan masyarakat yang dihormati karena alim dan memiliki suri tauladan yang baik, banyak dijadikan rujukan masyarakat utuk datang kepadanya.

3. Kiai wuwur, yaitu ulama, kiai atau ustadz yang tidak mengerti politik tapi terjun ke dunia politik. Biasanya kyai seperti ini akan menjadi alat politik dan kekuasaan dan akan menjadi korban politik.

4. Kiai catur, yaitu ulama, kiai atau ustadz yang tahu peta politik. Tidak mudah dibohongi oleh politikus-politikus busuk di sekitarnya.

5. Kiai nutur, yaitu ulama, kiai atau ustadz yang komersial dan materialistis, doyan makan bantuan atau sumbangan dan kemana-mana suka bawa proposal.

6. Kiai sumur, yakni kiai yang kemana-mana basah karena harus selalu mandi sebab di mana-mana punya isteri. Minyak wanginya juga macam-macam warna.

7. Kiai tawur, yaitu kiai yang ngamukan dan suka nantang-nantang. Suka berantem gelut dan tawuran.

8. Kiai ngawur, yaitu kiai yang kalau ngomong suka ngawur, yang hanya bisa mengambil dalil dari Google sosmed atau kalender.

Yang harus dijaga oleh NU adalah Kiai Tandur, Kiai Sembur karena kedua jenis kiai tersebut yang akan memelihara NU. [dutaislam.com/ ab]

Source: Group LDNU Pusat.
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini