Sabtu, 03 September 2016

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah


DutaIslam.Com - Redaksi Duta Islam mengabarkan bahwa besok hari Sabtu, tanggal 03 September 2016 adalah bertepatan tanggal 1 Dzulhijjah 1437 H. Oleh karena itu, kami turunkan artikel tentang keutamaan 10 hari pertama Bulan Haji ketika kita meniatkan diri untuk menghormati bulan mulia itu. Kami ambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA, yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Hari ke-1 bulan Dzulhijah adalah hari ketika Allah SWT mengampuni dosanya Nabi Adam as. Barang siapa berpuasa pada hari tersebut, Allah swt akan mengampuni segala dosanya.

Hari ke-2 bulan Dzulhijah adalah hari ketika Allah SWTmengabulkan doa Nabi Yunus dengan mengeluarkannya dari perut ikan. Barang siapa berpuasa pada hari itu seolah-olah telah beribadah selama satu tahun penuh tanpa berbuat maksiat sedetik pun.

Hari ke-3 bulan Dzulhijah adalah hari ketika Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakaria. Barang siapa berpuasa pada hari itu, maka Allah SWT akan mengabulkan segala do’anya.

Hari ke-4 bulan Dzulhijah adalah hari ketika Nabi Isa AS dilahirkan. Barang siapa berpuasa pada hari itu, ia akan terhindar dari kesengsaraan dan kemiskinan.

Hari ke-5 bulan Dzulhijah adalah hari ketika Nabi Musa AS dilahirkan, barang siapa berpuasa pada hari itu akan bebas dari kemunafikan dan azab kubur.

Hari ke-6 bulan Dzulhijah adalah hari ketika Allah SWT membuka pintu kebajikan untuk Nabinya, barang siapa berpuasa pada hari itu akan dipandang oleh Allah dengan penuh rahmat dan tidak akan diadzab.

Hari ke-7 bulan Dzulhijjah adalah hari ditutupnya pintu jahannam dan tidak akan dibuka sebelum hari kesepuluh lewat. Barang siapa berpuasa pada hari itu Allah SWT akan menutup tiga puluh pintu kemelaratan dan kesukaran serta akan membuka tigapuluh pintu kesenangan dan kemudahan.

Hari ke-8 adalah hari Tarwiyah. Barang siapa berpuasa pada hari itu akan memperoleh pahala yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh Allah SWT.

Hari ke-9 adalah hari Arafah. Barang siapa berpuasa pada hari itu, puasanya menjadi tebusan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Hari ke-10 adalah hari raya Iedul Qurban. Barang siapa menyembelih Qurban, maka pada tetesan pertama darah Qurban diampunkan dosa dosanya dan dosa anak anak dan istrinya. [dutaislam.com/ ab]
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini