Rabu, 24 Februari 2016

Fasholatan Kyai Sholeh Darat (1)

DutaIslam.Com - Seri Kajian

Bacaan Takbiratul Ihram Shalat


Oleh M Rikza Chamami

Kitab Fashalatan karya KH Sholeh bin Umar as-Samarani (Mbah Sholeh Darat) yang dicetak di Bombai dengan 53 halaman menjelaskan bagaimana shalat dengan baik dan hakikat sholat sesuai ajaran sholat Nabi. Kitab dengan bahasa Jawa Pegon ini diperuntukkan bagi orang awam agar mudah memahami bacaan shalat sekaligus artinya.

Ada langkah-langkah yang harus dijalani oleh umat Islam dalam menjalankan shalat, yaitu bersuci. Secara sistematis Mbah Sholeh Darat menyebutkan bahwa setelah selesai bersuci dzahir sesuai aturan syariah dengan mandi jinabat sebagaimana disebutkan dalam kitab fiqh, maka dapat dilanjutkan dengan menjalankan shalat.

Perintah sholat ini tentunya mengikuti ajaran-ajaran agama Islam yang telah ditentukan. Adapun dalam menjalankan shalat diwajibkan menghadap qiblat. Selain itu juga para umat Islam menjaga kebersihan tempat shalat dan kebersihan hati. Segala bentuk najis dan keteguhan hati menjadi sangat penting dalam menjalankan shalat. Sebab pada hakikatnya shalat merupakan hakikat komunikasi hamba dengan Tuhan.

Hati yang bersih ditandai dengan keikhlasan dzahiriyah menghadap kiblat seiring dengan hadirnya hati kepada Tuhan dengan meletakkan hatinya lillahi ta'ala (hanya kepada Allah). Hati juga perlu terjaga dari segala apa yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW. Artinya menjalankan shalat sesuai perilaku Nabi Muhammad SAW.

Dalam posisi shalat, seorang hamba Allah juga diminta untuk mengharap ridla Allah dengan merasakan hadir dan selalu ingat padaNya. Kemantapan dalam hadir di hadapan Allah ini akan menjadikan kualitas shalat semakin baik.

Jika itu semua sudah dijalani, maka kalimat takbir dikumandangkan: الله اكبر.
Allahu Akbar, artinya bahwa hatinya mengucapkan Allah dzat yang agung kekuasaannya dan tidak ada yang agung selainnya. Dan tidak ada Tuhan selain Allah. Dan jangan sekali-kali ada harapan meminta pada makhluq yang memiliki sifat mulia. Hanya pada Allah kamu meminta. Tidak ada makhluk yang menyamai Allah.

Setelah bacaan takbir selesai, maka dilanjutkan membaca takbiratul ihram. Bacaan takbiratul ihram yang diajarkan oleh Mbah Sholeh Darat adalah:

وجهت وجهي للذي فطر السموت والارض حنيفا مسلما وما انا من المشركين. ان صلاتي ونشكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين. لا شريك له وبذالك امرت وانا من المسلمين.


........Bersambung
Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini